Perut Buncit karena WFH, Coba 5 Makanan Pengganti Nasi Ini Yuk

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 298 2294758 perut-buncit-karena-wfh-coba-5-makanan-pengganti-nasi-ini-yuk-VyacbugcPd.jpg Biji barley (Foto: Amazon)

Nasi merupakan sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh. Akan tetapi, nasi juga mengandung gula, sehingga jika Anda tidak melakukan olahraga, tentu berat badan akan bertambah.

Sementara itu, jika Anda masih enggan untuk pergi ke gym karena takut tertular Covid-19 dan jarang bergerak karena WFH, maka Anda bisa mencoba alternatif lain dengan mengonsumsi bahan pangan selain nasi.

Berikut beberapa makanan pengganti nasi yang sudah Okezone rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (16/10/2020).

 Quinoa

1. Quinoa

Biji quinoa bebas gluten dan kaya akan protein, zat besi, dan serat. Mereka juga kaya akan asam amino. Biji quinoa adalah protein lengkap, yang berarti biji quinoa memiliki kesembilan asam amino esensial, yang menjadikannya sumber protein yang sangat kaya, terutama bagi vegetarian.

 

2. Kentang

Kentang merupakan tumbuhan yang tumbuh di dalam tanah dan cocok dimakan sebagai pengganti nasi. Kandungan nutrisi kentang bisa berbeda-beda tergantung varietas dan cara pembuatannya. Misalnya, kentang goreng menambah lebih banyak kalori dan lemak daripada memanggangnya.

Penting juga untuk diperhatikan bahwa kulit kentang mengandung banyak vitamin dan mineral. Mengupas kentang secara signifikan dapat mengurangi kandungan nutrisinya.

 

3. Barley

Seiring dengan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, barley juga kaya akan selenium, mineral yang jarang ditemukan di makanan lain. Selain itu barley juga mengandung mangan, fosfor dan tembaga. Meskipun membutuhkan lebih banyak waktu untuk memasak daripada nasi putih, jelai ini adalah pengganti nasi yang jauh lebih sehat.

4. Soba

Soba juga bebas gluten, konsumsi soba secara teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi kadar gula darah. Itu kaya serat dan bahkan dikenal untuk melawan kanker. Ini mengandung kalori yang jauh lebih sedikit daripada nasi, dan efektif untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Serunya Pevita Pearce Have Fun, Berbikini di Curug hingga Nyantai di Pantai

5. Jagung 

Jagung adalah sayuran bertepung dan biji-bijian sereal yang telah dimakan di seluruh dunia selama berabad-abad. Ini kaya akan vitamin dan mineral.

Jagung kaya akan karbohidrat dan kaya serat, vitamin, dan mineral. Ini juga relatif rendah protein dan lemak. Jagung utuh mengandung serat dan mengandung vitamin C, vitamin B, magnesium, dan kalium. Namun, produk jagung olahan bisa mengurangi nutrisinya. Untuk itu, cukup konsumsi jagung alami saja ya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini