Menkes Terawan Minta Masyarakat Lakukan CTPS untuk Lawan Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 481 2294559 menkes-terawan-minta-masyarakat-lakukan-ctps-untuk-lawan-pandemi-covid-19-4FilVmd7gK.jpg Cuci tangan paka sabun (Foto: NBC News)

Sejak pandemi Covid-19 menyerang Indonesia, pemerintah berupaya keras untuk berperang melawan penyakit tersebut. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan melakukan tiga gelombang kampanye yakni pemakaian masker pada Agustus, menjaga jarak pada September, dan cuci tangan dengan sabun (CTPS) selama Oktober.

Uniknya kampanye nasional CTPS bertepatan dengan Hari CTPS Sedunia sebagai momentum kampanye dan advokasi di seluruh dunia setiap 15 Oktober. Tahun ini CTPS menjadi pengingat bahwa salah satu cara paling efektif dan sederhana untuk menghentikan penyebaran virus dan berbagai penyakit menular lainnya adalah mencuci tangan dengan sabun dan air.

 Menkes

Pada Hari Cuci Tangan Sedunia pada 15 Oktober 2020, Kemitraan Swasta-Pemerintah untuk Cuci Tangan Pakai Sabun (KSP-CTPS) mengajak semua pemangku kepentingan untuk bergabung untuk menjadikan kebersihan tangan dapat dilakukan semua orang. Pemerintah bekerja secara kolaboratif dengan semua pemangku kepentingan untuk perilaku CTPS.

Baca juga: Serunya Pevita Pearce Have Fun, Berbikini di Curug hingga Nyantai di Pantai

Tujuannya untuk memastikan promosi dan ketersediaan sarana cuci tangan terawat dan berkelanjutan dan menyampaikan pengetahuan tentang cuci tangan dengan benar. Untuk memperlancar kampanye ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggelar webinar bertajuk ‘Kampanye Nasional & Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia.’

Tujuan utama acara ini adalah untuk membahas pentingnya sinergi pemerintah dan mitra pembangunan serta para pemangku kepentingan dalam upaya perubahan perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun. Dalam acara itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meminta semua kementerian dan lembaga serta pemangu kepentingan untuk mendorong pentingnya CTPS.

“Saya juga meminta semua mitra untuk menyediakan fasilitas cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun di tempat kerja masing-masing. Kementerian Kesehatan juga akan berkolaborasi dengan sektor swasta dan organisasi masyarakat sipil untuk meningkatkan akses ke fasilitas cuci tangan dengan sabun,” ujar Menkes Terawan, dalam siaran pers yang diterima Okezone, Kamis (15/10/2020).

Menkes Terawan juga meminta pemerintah provinsi dan kabupaten atau kota untuk meningkatkan kampanye cuci tangan pakai sabun di daerahnya masing-masing. Pemerintah daerah juga diminta untuk menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun di seluruh rumah tangga, lembaga, lokasi pariwisata dan tempat umum lainnya.

“Tangan yang bersih menyelamatkan nyawa dari ancaman Covid-19 dan penyakit menular lainnya,” tuntas Terawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini