4 Cara Raih Kulit Cantik dengan Tingkatkan Kolagen

Novia, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 11:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 611 2294596 4-cara-raih-kulit-cantik-dengan-tingkatkan-kolagen-YlDd030yqc.jpg Merawat kulit (Foto: Pinterest)

Kolagen dianggap sebagai salah satu protein terpenting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kulit tampak muda dan sehat. Meskipun, tubuh kita menghasilkan kolagen sendiri yang dapat membantu kulit kita tetap kencang, seiring bertambahnya usia, tubuh kita memproduksi lebih sedikit kolagen.

Kurangnya kolagen di jaringan kulit menyebabkan tanda-tanda umum penuaan. Jika terjadi kerutan, kulit kendur yang kehilangan elastisitas alaminya, noda, dan persendian yang kaku berarti ini adalah tanda-tanda bahwa tubuh memproduksi lebih sedikit kolagen.

Mari kita lihat 5 cara mudah untuk meningkatkan kadar kolagen di kulit Anda dan membuatnya terlihat sehat dan awet muda seperti dilansir dari Heathsite.

 vitamin C

1. Tingkatkan asupan vitamin C 

Makan makanan yang kaya vitamin C dan asam amino dapat meningkatkan kadar asam hialuronat dan kolagen dalam tubuh, karena keduanya penting untuk kulit Anda. Makan lebih banyak buah jeruk, pepaya, stroberi, brokoli dan sayuran berdaun hijau seperti ketumbar dan daun kangkung.

Anda juga bisa memasukkan bahan-bahan ini ke dalam smoothie Anda dan meminumnya setiap hari untuk hasil yang lebih baik.

2. Mulailah hari dengan minum jus hijau

Daun ketumbar adalah ramuan ajaib yang membantu produksi kolagen. Mengandung banyak vitamin penting yang baik untuk kulit. Yang paling penting di antara mereka adalah vitamin C, yang telah dikaitkan dengan peningkatan produksi kolagen.

Mulailah hari Anda dengan segelas jus ketumbar dengan tambahan lemon (untuk tambahan vitamin C) dan garam merah muda himalayan (kasar). Anda juga dapat memasukkan makanan super seperti kangkung, spirulina, alpukat dalam makanan Anda untuk meningkatkan asupan sayuran hijau.

3. Tingkatkan asupan protein

Beberapa protein tambahan dalam makanan Anda dapat membantu Anda menghasilkan lebih banyak kolagen secara alami. Saat tubuh Anda membuat kolagen, biasanya ia menggabungkan asam amino dari makanan yang Anda konsumsi dan nutrisi yang Anda dapatkan dari makan makanan kaya protein, seperti daging sapi, ayam, ikan, kacang-kacangan, telur, serta susu.

Baca juga: Serunya Pevita Pearce Have Fun, Berbikini di Curug hingga Nyantai di Pantai

4. Tambahkan ekstrak lidah buaya pada makanan Anda

Lidah buaya telah digunakan sebagai zat pendingin untuk menyembuhkan kulit bersisik tetapi gel ini memiliki lebih banyak manfaat. Konsumsi gel lidah buaya telah menunjukkan bahwa produksi asam hialuronat dan kolagen hampir dua kali lipat dalam tubuh, yaitu saat kulit kembali terlihat awet muda. Gel dari daun membuat kulit Anda tampak bergizi dan muda.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini