5 Cara Mudah Kecilkan Pori-Pori Wajah, Bukan Pakai Es Batu

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 13:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 611 2294661 5-cara-mudah-kecilkan-pori-pori-wajah-bukan-pakai-es-batu-LKsivQ5gp5.jpg Mengecilkan pori-pori wajah dengan es batu tak cukup (Foto: India TV)

Dua teratas masalah kulit wajah yang dikeluhkan banyak perempuan adalah pori-pori wajah yang besar. Kondisi tersebut ternyata berdampak langsung pada kepercayaan diri seseorang.

Hal ini dibenarkan Dermatologist dr Kardiana Purnama Dewi, SpKK. Menurutnya, ketika seseorang mengalami kondisi pori-pori wajah besar, meski dia tidak berjerawat, tetap saja kepercayaan dirinya rusak.

"Secara tidak langsung, saat semua orang kini 'hidup' di dunia medis sosial, urusan penampilan itu jadi perhatian yang cukup penting, salah satunya soal pori-pori wajah yang besar. Banyak klien saya yang akhirnya enggak percaya diri (PD) dengan wajah yang pori-porinya besar padahal enggak berjerawat," tuturnya di acara Pra Event Launching Rojukiss, Jumat (16/10/2020).

Dia menambahkan, untuk mengatasi masalah pori-pori wajah yang besar, Anda tidak bisa mengandalkan yang namanya tindakan kompres es batu. Memang secara kasar es batu bisa mengecilkan tampilan pori-pori bahkan membuat wajah terlihat agak bengkak dan kaku, tapi itu bukan solusi yang tepat.

"Kompres es batu dengan harapan pori-pori wajah mengecil itu salah banget. Itu tindakan yang unfaedah, meski pada dasarnya memang pori-pori terlihat lebih kecil, sama dengan Anda menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori. Tapi, tindakan seperti itu tidak bisa diharapkan memberi hasil maksimal untuk jangka panjang," tuturnya.

Nah, karena pori-pori wajah besar ini jadi perhatian yang cukup memengaruhi kepercayaan diri dan secara tidak langsung juga akan memengaruhi produktivitas dan aktivitas sehari-hari, perlu adanya upaya untuk mengatasi masalah tersebut. Dokter Dewi, sapaan akrabnya, punya 5 tips sederhana untuk mengatasi pori-pori besar tersebut. Apa saja?

 cuci muka

1. Rajin cuci muka

Ini adalah hal yang harus banget dilakukan, sekalipun Anda di rumah saja. Terlebih, Anda yang menggunakan makeup full, kalau kosmetik tidak dibersihkan secara benar, itu bisa menjadi awal dari masalah kulit, salah satunya pori-pori besar.

"Jadi, hal dasar yang harus dilakukan adalah pastikan kebiasaan cuci muka Anda itu rutin, khususnya di waktu sebelum tidur. Jangan biarkan sisa makeup yang ada di wajah menempel karena ini bisa jadi awal masalah pori-pori wajah besar," papar dr Dewi.

2. Rutin pakai pelembap

Ini juga penting untuk dilakukan, apalagi jika Anda pemilik kulit wajah yang kering. Wajah kering tidak hanya mempercepat proses penuaan, tetapi juga memungkinkan pori-pori wajah membesar.

"Ini karena produksi kolagen yang terjadi di wajah tidak maksimal, jadi penting banget buat Anda rutin menggunakan pelembap, minimal 2 kali dalam sehari, supaya kesehatan wajah terjaga," katanya.

 

3. Lakukan eksfoliasi seminggu sekali

Dewi melanjutkan, tips berikutnya adalah tambahkan rutinitas eksfoliasi wajah dengan tujuan mengangkat sel kulit mati. Secara natural, sel kulit mati akan berganti dengan yang baru dalam durasi 21 hari. Tapi, ketika proses pergantian kulitnya itu tidak berjalan maksimal, maka yang ada kulit Anda terlihat kusam.

Karena itu, tindakan eksfoliasi boleh dilakukan untuk memastikan kulit wajah selalu sehat. Kalau sudah sehat, pastinya pori-pori di wajah akan membesar akan terlihat mengecil dan wajah terlihat jauh lebih flawless.

Baca juga: Serunya Pevita Pearce Have Fun, Berbikini di Curug hingga Nyantai di Pantai

 

4. Pakai tabir surya

Ini ternyata memberi efek pada tampilan pori-pori wajah, lho. Ketika kulit wajah tidak terlindungi dari sinar matahari, kulit pun akan rusak secara perlahan dan ini membuat tampilan wajah tidak berseri.

5. Tambahkan masker wajah diperawatan kulit

Banyak sekali jenis masker wajah yang bisa dipilih, tapi, khusus untuk mengatasi masalah pori-pori wajah yang besar, Anda direkomendasikan cari masker yang mengandung bahan aktif berupa witch hazel.

"Bahan aktif tersebut dipercaya ampuh mengecilkan tampilan pori-pori wajah. Semakin Anda rutin menggunakan masker, maka hasil maksimal juga bisa didapatkan," tambah dr Dewi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini