Sheet Mask Dipakai Tidur Semalaman, Baik atau Buruk?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 17:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 611 2294668 sheet-mask-dipakai-tidur-semalaman-baik-atau-buruk-zQzERWPxBh.jpg Sheet mask (Foto : Daily Mirror)

Pencinta skin care sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sheet mask. Produk kecantikan yang satu ini banyak yang menjanjikan hasil instan dalam sekali pakai.

Untuk teksturnya sendiri, sheet mask biasanya sangat tipis dan nyaman sekali saat dikenakan. Sensasi basah yang ditawarkan sheet mask pun memberi pengalaman yang menyenangkan buat si pemakainya. Tapi, di sisi lain sensasi basah tersebut memberi efek kurang baik dalam hal pemakaian yang keliru.

Ya, tak bisa dipungkiri mungkin Anda pernah mendengar ada orang menggunakan sheet mask di malam hari dan dibawa tidur semalaman. Mereka yang melakukan tindakan ini berharap esok pagi mukanya akan jadi super sehat dan glowing.

Maskeran

Tapi, bagaimana dokter kecantikan menilai perilaku tersebut, apakah aman sheet mask dipakai semalam suntuk?

Baca Juga : Maskeran, Berapa Lama Seharusnya Sheet Mask Dipakai?

Diterangkan Dermatologist dr Kardiana Purnama Dewi, SpKK, perilaku menggunakan sheet mask dibawa tidur semalaman sangat tidak disarankan. Sebab, itu malah akan memberi dampak jangka panjang yang tidak sesuai harapan Anda.

Dia mengibaratkan pakai sheet mask itu layaknya berenang. "Gini deh, kalau Anda berenang 15-30 menit dibandingkan dengan seharian, pasti beda kan hasilnya ke kulit? Kalau berenang kelamaan, kulit malah pada keriput menciut gitu, sama saja seperti Anda pakai sheet mask," terangnya dalam acara Pra Event Launching Rojukiss, Jumat (16/10/2020).

Jadi, tidak boleh Anda beranggapan bahwa semakin lama sheet mask dipakai, hasilnya juga akan maskimal. Itu ternyata salah besar. Sebab, bagaimana pun ada cara pakai yang dianjurkan dari pembuat sheet mask-nya dan itu sudah disesuaikan dengan hasil maksimal yang akan didpaat dari pemakaian produknya.

"Jadi, saya jelaskan sekali lagi ya, pakai sheet mask dibawa tidur semalaman itu tidak ada impact-nya. Malah, kalau jadi kebiasaan akan berakibat buruk di kemudian hari," tuturnya.

Maskeran

Sependapat dengan dr Dewi, Nurul Sulisto, Head of Brand Development Rojukiss Indonesia, pun menjelaskan bahwa ada baiknya sheet mask itu dipakai 15 menit. Terkesan sebentar memang, tapi durasi waktu tersebut sudah cukup membuat wajah mendapatkan hasil dari bahan aktif yang diberikan pada sheet mask.

"Kalau Anda sayang masih ada yang basah-basah di maskernya, setelah dilepas, Anda boleh loh menepuk-nepuk lembut wajah Anda supaya bahan aktifnya menyerap lebih maksimal di kulit," kata Nurul.

Setelah itu, kalau memang masih ada cairan yang tersisa, Anda boleh banget mengaplikasikannya ke area leher yang kadang terlupakan dari perawatan skin care. "Jadi, kalau masih sayang yang basah-basahnya itu, dioles saja ke bagian leher, jadi lehernya juga terawat dengan baik," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini