7 Cara Menghadapi Kehilangan Binatang Kesayangan

Adella Christyanti, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 612 2294625 7-cara-menghadapi-kehilangan-binatang-kesayangan-oARgVgavAw.jpg Binatang kesayangan (Foto: Womans World)

Kehilangan binatang kesayangan, tentunya membuat diri Anda sedih dan galau. Sebab Anda sudah menganggap binatang kesayangan seperti teman sendiri, teman hangout, teman makan, teman saat WFH, bahkan teman tidur.

Binatang kesayangan seperti kucing dan anjing mencintai kita di saat baik dan buruk. Mereka selalu ada untuk menghibur kita, membuat kita tertawa dan tetap berada di sisi kita.

Itulah mengapa kehilangan binatang peliharaan bisa lebih traumatis daripada kehilangan teman dan proses berdukanya pun serupa menurut psikolog.

“Hewan peliharaan memberi kita begitu banyak cinta sehingga kehilangannya hampir melebihi apa yang kita alami saat kehilangan orang yang kita cintai,” kata Seorang Psikolog Kristine Kevorkian.

Seperti dilansir dari Everyday Health, berikut ini cara untuk mengatasi rasa kehilangan binatang kesayangan.

 kucing kesayangan

1. Terima perasaan bersalah

Apakah Anda merasa bersalah atas kematian kucing atau anjing Anda? Itu hal normal. Hampir semua pemilik hewan peliharaan merasa bersalah, apa pun penyebab kematiannya, meskipun mereka menyayangi hewan peliharaannya dan akan melakukan apa saja untuk mereka. Itu karena orang merasa bertanggung jawab atas hewan peliharaan mereka dan menyalahkan diri sendiri atas kematian mereka.

2. Berikanlah waktu untuk melepaskan kesedihan

Pemulihan pasti membutuh proses yang bertahap. Proses ini tidak dapat dipaksakan dan setiap masing-masing individu memiliki waktu yang berbeda. Hewan peliharaan Anda mungkin telah menjadi bagian dari keluarga Anda dalam waktu yang lama, tapi akan berkurang seiring dengan berjalannya waktu. Terima itu.

3. Curhat kepada orang lain

Mencurahkan perasaan sedih kepada orang lain itu wajar. Karena dapat membantu meringankan beban kesedihan yang anda alami.

Baca juga: Serunya Pevita Pearce Have Fun, Berbikini di Curug hingga Nyantai di Pantai

 

4. Cari dukungan dari orang lain

Anda terluka, jadi kepada siapa Anda meminta kenyamanan? Teman baik dan anggota keluarga dekat Anda mungkin adalah pilihan pertama Anda. Mintalah dukungan dari orang sekitarmu. Perasaanmu akan jauh lebih lebih baik.

5. Tuliskan rasa sedihmu di kertas

Membuat jurnal atau lembar memo dapat membantu Anda untuk mengungkapkan perasaan dan pikiran Anda. Ini dapat berisi gambar hewan peliharaan Anda, kenangan tentang tempat-tempat khusus yang Anda kunjungi dan kenang-kenangan lainnya.

6. Mengadakan upacara kematian

Mengadakan upacara kematian yang layak untuk kucing atau anjing Anda yang meninggal. Ini merupakan cara mencurahkan rasa sedih sekaligus rasa cinta kepadanya.

Untuk mengungkapkan rasa kehilangan, kesedihan, dan kekecewaan, dan untuk memulai penyembuhan, dan itu akan membuat penutupan bagi Anda yang berduka. Upacara dapat dilakukan secara intim hanya dengan anggota keluarga atau bahkan beberapa teman terdekat saja.

7. Move on

Terimalah kenyataan dan berusahalah untuk move on dengan perlahan. Jangan biarkan diri terlarur dalam kesedihan. Sedih pasti ada. tetapi jika Anda terus-terusan sedih. Akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan mental Anda sendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini