6 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan, Sering Konsumsi Yuk

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 17 Oktober 2020 21:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 17 298 2295115 6-manfaat-kunyit-bagi-kesehatan-sering-konsumsi-yuk-Mj8BiDHSEP.jpg Manfaat kunyit (Foto: Times of India)

Di tengah pandemi Covid-19 sebaiknya Anda sering mengonsumsi berbagai bahan makanan yang sehat. Salah satunya kunyit, yang sering jadi bumbu bahkan jamu.

Kunyit memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti dilansir dari Health Line berikut ini berbagai manfaat kunyit yang harus Anda ketahui. Simak ya.

 kunyit

1. Mencegah dan bahkan mengobati kanker

Kanker adalah penyakit yang mengerikan dan ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Kurkumin telah dipelajari sebagai ramuan yang bermanfaat dalam pengobatan kanker dan telah ditemukan untuk mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan dan penyebaran kanker pada tingkat molekuler.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit dapat mematikan sel kanker dan mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor (angiogenesis) serta penyebaran kanker (metastasis).

2. Mencegah alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum di dunia dan penyebab utama penyakit ini adalah bertambahnya usia. Sayangnya, belum ada pengobatan yang pasti untuk Alzheimer.

Oleh karena itu, Anda dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi kunyit. Penyakit Alzheimer terjadi karena penumpukan protein yang disebut plak aminoid. Studi menunjukkan bahwa kurkumin dapat menghancurkan penghalang aliran darah di otak.

Baca juga: Manfaat Jahe saat Musim Hujan, Apa Saja?

3. Memiliki senyawa anti-peradangan alami

Para ilmuwan sekarang percaya bahwa peradangan tingkat rendah kronis berperan penting dalam hampir setiap penyakit kronis. Ini termasuk penyakit jantung, kanker, sindrom metabolik, Alzheimer dan berbagai kondisi degenerative.

Kurkumin memiliki kandungan anti peradangan. Bahkan, itu sangat kuat sehingga cocok dengan efektivitas beberapa obat anti peradangan tanpa efek samping. Kurkumin akan memblokir NF-Kb, sebuah molekul yang bergerak ke inti sel dan mengaktifkan gen yang terkait dengan peradangan.

4. Meningkatkan antioksidan di tubuh

Kerusakan oksidatif diyakini menjadi salah satu faktor di balik penuaan dan banyak penyakit. Radikal bebas cenderung bereaksi dengan zat organik penting, seperti asam lemak, protein atau DNA. Antioksidan sangat bermanfaat bagi tubuh karena melindungi tubuh Anda dari radikal bebas.

Kurkumin adalah antioksidan kuat yang dapat menetralisir radikal bebas. Selain itu, kurkumin dapat meningkatkan aktivitas enzim antioksidan dalam tubuh. Dengan cara itu kurkumin memblokir dan membuang langsung radikal dalam tubuh

5. Meningkatkan fungsi otak

Kurkumin dapat meningkatkan pertumbuhan neuron dan kadar hormon otak Anda yaitu BDNF. Banyak penyakit otak yang sering dikaitkan dengan penurunan kadar hormone ini seperti depresi dan Alzheimer.

Dengan mengkonsumsi kunyit, efektif untuk menunda atau bahkan membalikkan banyak penyakit otak yang berkaitan dengan usia. Kunyit ini juga dapat meningkatkan memori dan membuat Anda lebih pintar.

6. Mengurangi risiko terkena penyakit hati

Penyakit hati adalah penyebab kematian nomor satu di dunia. Kurkumin dapat meningkatkan fungsi endothelium yang merupakan lapisan pembuluh darah Anda.

Harus Anda ketahui bahwa disfungsi endotel adalah penyebab utama penyakit jantung ketika ketidakmampuan endothelium mengatur tekanan darah, pembekuan darah, dan berbagai faktor lainnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin mengarah pada peningkatan fungsi endotelial.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini