Pandemi Covid-19, Permintaan Produk Kesehatan Naik 3 Kali lipat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 17 Oktober 2020 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 17 481 2295109 pandemi-covid-19-permintaan-produk-kesehatan-naik-3-kali-lipat-oyAbmepvBc.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BERBURU kebutuhan rumah tangga lewat belanja online semakin digemari banyak kalangan. Tak sekadar fashion, produk kecantikan dan kesehatan juga paling banyak dicari.

Selain mengurangi risiko Covid-19, belanja online juga memudahkan seseorang. Karena masyarakat diharuskan berdiam di rumah di masa pandemi Covid-19.

Diungkapkan Deputi bidang Produksi dan Pemasaran KemenkopUKM Victoria br Simanungkalit, perubahan perilaku belanja terjadi pada masa PSBB. 

 Kecantikan

Selama menjalankan aktivitas di rumah saja, konsumen banyak memilih berbelanja online demi menjaga jarak dengan orang luar, serta menghindari kerumunan

"Pelaku UMKM yang menjalankan bisnisnya secara online justru mengalami kenaikan," ujad Victoria dalam keterangan resmi Kirana Nusantara, Sabtu (17/10/2020). 

Victoria menambahkan, ada banyak jenis barang yang dicari, seperti makanan dan minuman, alat-alat penunjang kebutuhan bekerja dan sekolah di rumah, produk kecantikan untuk perawatan penampilan selama masa PSBB, serta produk-produk kesehatan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Sementara itu, produk kesehatan dan kecantikan paling dicari saat belanja online. Produk kecantikan mencatatkan rekor penjualan online 40-50 juta per unit selama April-Juni 2020. Kemudian produk kesehatan turut mengalami kenikan 3 kali lipat dibanding tahun-tahun sebelumnya. 

“Pelaku UMKM di sub sektor kesehatan dan kecantikan adalah contoh konkret sebuah bisnis bisa bertahan di masa pandemi. Kami pun terus mengajak seluruh UMKM di Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya secara online ,” pungkasnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini