Beautypedia, Apa Itu Maskara?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 17 Oktober 2020 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 17 611 2295147 beautypedia-apa-itu-maskara-GyoiijvXoA.jpg Pakai maskara (Foto: Bebeautiful)

Memiliki bulu mata yang lentik dan indah merupakan dambaan bagi setiap wanita. Sayangnya, tidak semua dari mereka mempunyai bulu mata yang bagus.

Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir. Karena selalu ada solusi dibalik setiap permasalahan. Anda bisa menggunakan maskara pada bulu mata Anda untuk membuatnya semakin indah.

Mengenal fungsinya yang sangat menarik, kira-kira apa itu mascara? Melansir Byrdie pada Sabtu (17/10/2020), mascara adalah salah satu keluarga kosmetik yang dapat membuat bulu mata menjadi lebih lentik, lebih panjang, tebal serta bervolume. Maskara juga dapat membuat mata Anda terlihat lebih besar.

 pakai maskara

Mascara terbuat dari kombinasi minyak dan lilin yang memberikan konsistensi, pigmen, dan warnanya. Maskara juga dapat mengandung bahan kimia pengawet yang dimaksudkan untuk membantu mencegah penggumpalan, noda, atau pemisahan.

Menariknya, maskara ternyata telah digunakan sejak zaman kuno. Orang Mesir (diikuti oleh orang Yunani dan Romawi) menggunakan kohl untuk menggelapkan bulu mata, alis, dan kelopak mata mereka untuk mengusir roh jahat.

Meskipun maskara mungkin tidak lagi digunakan untuk menghalau roh jahat, ada beberapa yang memiliki bahan yang lebih sehat daripada yang lain. Hampir semua maskara mengandung oksida besi, yakni senyawa kimia yang dianggap tidak beracun dan sering digunakan bersama dengan titanium dioksida.

Minyak yang digunakan dalam mascara antara lain bahan alami seperti minyak kayu putih, minyak biji wijen, dan lanolin. Lilin lebah dan lilin karnauba sering digunakan untuk membantu konsistensi, dan maskara yang berkilau atau berkilau juga mungkin termasuk sisik ikan (yang juga merupakan bahan umum dalam lipstik).

Baca juga: Manfaat Jahe saat Musim Hujan, Apa Saja?

Jadi, apakah Okezoners termasuk tim yang menggunakan mascara setiap hari, atau hanya mengenakannya saat ada acara penting saja?

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini