Ingin Cantik, Ahli Dermatologi Minta Jangan Melakukan Pengelupasan Kulit Berlebihan

Dara Siti Nabillah, Jurnalis · Sabtu 17 Oktober 2020 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 17 611 2295151 ingin-cantik-ahli-dermatologi-minta-jangan-melakukan-pengelupasan-kulit-berlebihan-UJC2XSMiLU.jpg Pengelupasan kulit (Foto: E Medical)

Eksfoliasi pada kulit memang sangat penting. Sebab pengelupasan akibat eksfoliasi dapat membantu menghilangkan kulit mati, serta membuang kotoran yang menempel di kulit Anda.

Disarankan agar setiap orang setidaknya melakukan eksfoliasi dua kali dalam seminggu. Namun terkadang orang cenderung melakukan eksfoliasi berlebihan untuk membuat kulit mereka terlihat lebih baik.

 perawatan kulit

“Jika kulit Anda terlihat sangat bersinar dan berkilau, ada kemungkinan Anda telah melakukan pengelupasan kulit berlebihan. Meskipun mungkin menyamar sebagai cahaya bercahaya untuk sementara waktu, ia dapat mulai merosot menjadi kulit kering, bercak kasar, dan ruam. Jika Anda melakukan pengelupasan terlalu keras, iritasi dapat terlihat seperti lilin karena menyeka sel kulit dan minyak alami, yang memungkinkan terjadinya paparan dini pada kulit yang mendasarinya, ” kata Ahli Dermatologi Chandrima Malik.

Seperti dilansir dari Times of India, Chandrima menyarankan, pengelupasan kulit harus dilakukan hanya sekali atau dua kali seminggu. Jangan berlebihan dalam menggosok kulit.

“Biarkan kulit Anda sembuh sendiri. Ini pasti sembuh dengan sendirinya, tetapi membutuhkan waktu dan perawatan yang tepat, yang dalam hal ini berarti tidak berbuat banyak untuk itu,” terang Chandrima.

Setelah iritasi kulit Anda sedikit mereda, Chandrima menyarankan untuk menggunakan pembersih dengan PH seimbang yang lembut, krim pelembab, SPF, dan krim perbaikan yang membantu membangun kembali pelindung kulit.

Cari produk dengan bahan-bahan seperti asam hialuronat, seng oksida, CoQ10, squalane, shea butter, dan gliserin. Ini semua adalah bahan yang melembabkan dan menenangkan.

Baca juga: Manfaat Jahe saat Musim Hujan, Apa Saja?

Anda akan melihat perbedaannya dalam satu bulan, karena ini adalah waktu yang dibutuhkan sel-sel kulit untuk beregenerasi kembali. Untuk area yang sangat mentah atau merah, krim hidrokortison dapat membantu meredakan iritasi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini