Bukan Cuma Ular, Kulit Kita Juga Bisa Mengelupas Sendiri Loh

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 18 Oktober 2020 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 18 611 2295521 bukan-cuma-ular-kulit-kita-juga-bisa-mengelupas-sendiri-loh-yOuzxCtEEk.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BERGANTI kulit memang biasa dilakukan oleh ular. Tapi, ternyata bukan hanya ular saja loh yang mengelupas kulitnya, tetapi juga manusia.

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit memang biasa dilakukan oleh manusia. Meskipun, ketika pengelupasan terjadi Anda tidak akan pernah bisa menyadarinya. Meski demikian, setelah pengelupasan tersebut, kulit Anda akan terasa lebih halus, lebih muda dan lebih bersih.

Melansir Times of India, kulit Anda biasanya membutuhkan pengelupasan sekali atau dua kali seminggu. Ini untuk meningkatkan dan mempercepat pergantian sel kulit. Jika Anda mengoleskan retinol dan asam secara teratur, itu akan membahayakan kulit Anda dalam waktu dekat.

Bahkan, untuk orang dengan kelenjar minyak yang terlalu aktif, disarankan untuk mengelupas kulit setiap minggu atau dua minggu sekali. Tapi hati-hati, jika Anda melakukan pengelupasan kulit terlalu jauh dan terlalu keras, maka kulit malah bisa mengalami iritasi.

kulit kering

Jika sudah begitu, biarkan kulit Anda selama sebulan sembuh dengan sendirinya. Ini pasti membutuhkan waktu dan perawatan yang tepat, tetapi Anda hanya harus melakukan yang minimal untuk menjaga kulit Anda tetap terhidrasi setiap saat.

Jadi, Anda perlu membiarkan tubuh menyembuhkan kulit yang rusak, mengisi kembali kelembapan yang hilang, dan kemudian membangun kembali sel-sel kulit yang sehat. Anda harus tahu bahwa tidak hanya asam yang memengaruhi kulit, alkohol dan wewangian juga bisa melukai.

Nah, untuk mengatasinya gunakan pembersih pH seimbang yang lembut, krim pelembab, SPF, dan krim perbaikan untuk menyelamatkan kulit. Anda akan mulai melihat perbedaannya dalam waktu satu bulan, karena sel-sel kulit Anda membutuhkan waktu untuk beregenerasi lagi.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini