Girls, Simak 5 Cara Diet untuk Hindari Anda dari PCOS

Novia, Jurnalis · Minggu 18 Oktober 2020 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 18 612 2295500 girls-simak-5-cara-diet-untuk-hindari-anda-dari-pcos-wDsOLmeBBd.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

APAKAH Anda pernah mengalami menstruasi tidak teratur atau bahkan tidak mengalami menstruasi dalam beberapa minggu. Jika iya, coba deh diperiksakan, jangan-jangan Anda mengalami Sindrom ovarium polikistik (PCOS).

PCOS adalah suatu kondisi yang ditandai dengan ketidakseimbangan hormon. Wanita dengan PCOS, memiliki banyak kista di ovariumnya, yang disebabkan oleh produksi hormon yang disebut androgen berlebih.

Oleh karena itu, Anda harus menjaga pola makan yang seimbang dan menjaga berat badan. Melansir the health site, ada 5 tips bermanfaat untuk menurunkan berat badan dengan PCOS.

Kurangi Asupan Karbohidrat Anda

Menurunkan konsumsi karbohidrat setiap hari dapat membantu Anda mengelola PCOS, karena pengaruh karbohidrat pada tingkat insulin. Insulin dikenal sebagai salah satu cairan terpenting untuk gula darah dan penyimpanan energi dalam tubuh Anda.

Tetapi jumlah insulin yang berlebihan dapat meningkatkan lemak tubuh dan penambahan berat badan. Wanita dengan PCOS secara khusus disarankan untuk memeriksa lemak tubuh mereka untuk menyembuhkannya.

diet

Makan makanan protein yang cukup

Protein membantu tubuh Anda menstabilkan kadar gula darah, dan meningkatkan perasaan kenyang setelah makan. Dengan demikian, meningkatkan asupan protein dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi keinginan makan, membantu Anda membakar lebih banyak kalori, dan mengontrol hormon rasa lapar.

Tingkatkan Asupan Lemak Sehat

Memiliki banyak lemak sehat dalam makanan harian Anda dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dan puas setelah makan. Dengan cara ini, dapat membantu Anda mengatasi penurunan berat badan dan gejala PCOS lainnya.

Meskipun lemak kaya akan kalori, menambahkannya ke dalam makanan sehari-hari dapat membantu Anda menjaga pola makan dan mengurangi keinginan Anda. Contoh lemak sehat adalah mentega kelapa, minyak kelapa, alpukat, dan mentega almond. Anda juga bisa menggabungkan lemak sehat dengan sumber protein dan menjadikannya cemilan kapan pun Anda merasa lapar.

Batasi Makanan Olahan dan Asupan Gula

Tips penting lainnya untuk menurunkan berat badan dengan PCOS adalah mengurangi asupan segala jenis makanan manis atau makanan olahan. Makanan olahan dan kadar gula yang tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh Anda dan meningkatkan risiko resistensi insulin, yang terkait dengan obesitas.

Makanan dengan kadar gula yang tinggi dan karbohidrat olahan ini adalah kue kering, permen, makanan cepat saji, muffin, gurun manis, dan lainnya.

Sertakan Makanan Fermentasi Dalam Diet Anda

wanita dengan PCOS memiliki lebih sedikit bakteri usus, dibandingkan wanita tanpa kondisi PCOS. Jika Anda menderita PCOS, sertakan makanan fermentasi dalam makanan Anda untuk meningkatkan produksi bakteri usus yang baik.

Makan makanan tinggi probiotik, seperti dadih buatan sendiri atau yogurt rendah lemak, dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan di usus Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini