Tidur Nyenyak Tingkatkan Imunitas Lawan Covid-19?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 19 Oktober 2020 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 481 2296087 tidur-nyenyak-tingkatkan-imunitas-lawan-covid-19-fmNjVRuxrB.jpg Tidur nyenyak (Foto: Health and Fitness Travel)

Saat ini, sangat penting bagi semua orang untuk menjaga imunitas tubuhnya. Hal ini berkaitan dengan upaya membentengi diri dari paparan virus SARS-CoV2 penyebab Covid-19.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas adalah dengan mendapatkan tidur yang nyenyak atau berkualitas. Ya, aktivitas yang Anda anggap sepele ini memberi peran yang cukup penting dalam peningkatan imunitas.

 tidur nyenyak

Dilansir dari Health Line, sejumlah penelitian telah melaporkan manfaat tidur malam yang nyenyak, ini berkaitan dengan meningkatkan sel kekebalan yang dikenal dengan nama sel T.

"Sel T adalah jenis sel kekebalan yang bertugas melawan patogen intraseluler, misalnya sel yang terinfeksi virus seperti flu, HIV, herpes, dan sel kanker," terang Stoyan Dimitrov, PhD, peneliti di Universitas Tübingen.

Studi yang ia lakukan menemukan fakta bahwa hormon stres adrenalin dan noradrenalin (juga dikenal sebagai epinefrin dan norepinefrin) dan molekul pro-inflamasi prostaglandin menghambat kelengketan kelas molekul adhesi yang disebut integrin.

"Karena tingkat adrenalin, noradrenalin, dan prostagladin rendah selama tidur, kekakuan integrin jadi lebih kuat. Kelekatan ini penting agar sel T membunuh sel yang terinfeksi virus atau sel kanker, mereka harus bersentuhan langsung dengan sel yang terinfeksi tersebut dan kelekatan integrin mendorong kontak itu," kata Dimitrov.

Berkaitan dengan fungsi tidur nyenyak untuk mencegah Covid-19, diterangkan Behavioral Sleep Medicine Specialist di University of Chicago Medicine, Lisa Medalie, PsyD, DBSM, itu benar. Tidur nyenyak dan cukup mendukung sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Gambar Kucing Raksasa Berusia 2.000 Tahun Ditemukan di Nazca Peru

"Tidur yang cukup mengurangi risiko infeksi dan dapat meningkatkan hasil bagi orang yang melawan virus. Di sisi lain, kurang tidur malah melemahkan sistem pertahanan tubuh dan membuat orang lebih rentan tertular virus," kata Medalie, disadur dari UChicago Medicine.

Makanya semua orang harus lebih sering tidur nyenyak, salah satu caranya adalah menjauhkan ponsel dari tempat tidur 1 jam menjelang tidur.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini