Penting, Begini Cara Mendapat Tidur Nyenyak di Tengah Pandemi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 19 Oktober 2020 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 481 2296091 penting-begini-cara-mendapat-tidur-nyenyak-di-tengah-pandemi-gCfPRlSA9a.jpg Berusaha tidur (Foto: Times of India)

Rupanya tidur nyenyak sangat penting bagi peningkatan kesehatan dan imunitas tubuh. Tidur yang nyenyak membuat badan lebih sehat.

Behavioral Sleep Medicine Specialist di University of Chicago Medicine, Lisa Medalie, PsyD, DBSM menjelaskan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan nyenyak, salah satunya adalah prioritaskan waktu tidur Anda mulai sekarang. Pastikan lama tidur Anda 6-8 jam per hari untuk orang dewasa.

tidur nyenyak

"Karena itu, kami tidak merekomendasikan untuk saat-saat seperti sekarang kurangi melakukan aktivitas malam hari. Jadi, ada baiknya prioritaskan waktu Anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas mulai sekarang," terangnya seperti dilansir dari Uchicago Medicine.

Selain itu, batasi waktu main ponsel di malam hari. Sangat disarankan untuk menjauhkan diri Anda dari ponsel satu jam sebelum tertidur.

"Ini juga mengurangi Anda mendapat paparan buruk, misalnya kabar tentang Covid-19 sebelum tidur," sarannya.

Lebih lanjut, memastikan alas tidur pun menjadi hal lain yang ternyata memberi dampak pada kualitas tidur, apalagi di masa pandemi sekarang.

"Tidur di atas matras yang dilengkapi dengan antivirus juga penting supaya tidur Anda bebas dari paparan virus atau bakteri penyebab penyakit," terang Chandra Kumala, Research & Development Head of PT DAP, di siaran virtual belum lama ini.

Sementara itu, untuk Anda yang suka tidur siang, ternyata ada baiknya mengurangi durasi lama kebiasaan tersebut. Sebab, tidur siang bisa menggangu kualitas tidur malam hari Anda.

Baca juga: Gambar Kucing Raksasa Berusia 2.000 Tahun Ditemukan di Nazca Peru

"Kalau bisa, tidur siang itu cukup 30 menit saja dan lakukan sebelum jam 2 siang. Kalau Anda insomnia, maka tidur siang harus dihindari," tambah Medalie.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini