Manfaat Daun Bawang, Bantu Cegah Penyakit Jantung hingga Melawan Infeksi

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 19 Oktober 2020 23:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 481 2296279 manfaat-daun-bawang-bantu-cegah-penyakit-jantung-hingga-melawan-infeksi-HyPpkFelwA.jpg (Foto: Harvest)

Daun bawang memiliki berbagai macam khasiat untuk mendukung kesehatan tubuh manusia. 100 gram daun bawang mengandung sekitar 83g air, 1g protein, dan 2g serat makanan.

Daun bawang merupakan sumber yang baik dari beberapa vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin K, Besi, Kalsium, dan Magnesium.

Berikut ini deretan khasiat daun bawang yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir dari Ehealthzine.

Memiliki sifat anti-kanker

Daun bawang merupakan sumber yang baik dari sulfida alil yang telah terbukti mengurangi risiko pengembangan kanker tertentu, terutama perut, prostat, dan kanker usus besar.

Mencegah penyakit jantung

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa anggota keluarga Allium, termasuk daun bawang mampu menurunkan tekanan darah dan dapat membantu mencegah penyakit jantung, stroke dan gagal jantung.

Melawan infeksi

Daun bawang juga bertindak sebagai agen antiseptik, yang membantu tubuh melawan infeksi. Anda mungkin berlaku ekstrak daun bawang pada luka untuk mencegah infeksi.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Daun bawang adalah salah satu dari sedikit makanan yang mengandung prebiotik, jenis bakteri baik yang diperlukan untuk penyerapan nutrisi lebih baik.

Menghilangkan kotoran berbahaya dalam tubuh, merangsang tindakan peristaltik, dan mengeluarkan cairan pencernaan, sehingga meningkatkan fungsi pencernaan.

 Daun bawang memiliki berbagai macam khasiat untuk mendukung kesehatan tubuh manusia.

Baca juga: Khasiat Sayur Bayam Bila Dikonsumsi Secara Rutin, Apa Saja?

Menjaga kadar kolesterol sehat

Sebuah asupan rutin daun bawang telah dikaitkan dengan penurunan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol yang baik (HDL).

Baik untuk ibu hamil

Daun bawang sangat penting bagi wanita hamil karena mengandung sejumlah besar asam folat. Konsumsi folat selama kehamilan telah terbukti mengurangi risiko cacat pada bayi.

Menguatkan tulang

Daun bawang merupakan sumber yang kaya kalsium dan magnesium. Kalsium bersama dengan magnesium adalah penting untuk kesehatan tulang, membantu untuk mengkonversi vitamin D menjadi bentuk aktif dalam tubuh dan dengan demikian menguatkan tulang.

Mencegah anemia

Karena mengandung zat besi, daun bawang juga dapat membantu dalam mencegah anemia. Hal ini juga kaya akan vitamin C, yang dapat membantu dalam penyerapan yang lebih baik dari zat besi dalam tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini