Bingung, Lemak di Perut Tidak Berkurang Ternyata Ini 5 Alasannya

Novia, Jurnalis · Senin 19 Oktober 2020 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 611 2295876 bingung-lemak-di-perut-tidak-berkurang-ternyata-ini-5-alasannya-7awM4Ei2RX.jpg Mengalami stres (Foto: Thrive Global)

Banyak orang suka memakan makanan fast food tetapi jarang berolahraga, sehingga membuat lemak yang ada ditubuh kita menumpuk. Menghilangkan lemak di area tubuh pun tidak mudah, terutama lemak visceral yaitu jenis lemak tubuh yang tersimpan lebih dalam, di bawah otot perut, di sekitar organ perut seperti perut, hati, dan usus. Olahraga saja tidak akan membantu menghilangkan lemak perut.

Untuk mendapatkan perut yang rata, Anda perlu makan dengan benar, olahraga teratur, tidur nyenyak, dan kurangi stres. Apakah kalian ingin menghilangkan lemak di perut Anda?

Berikut 5 kemungkinan alasan mengapa lemak perut Anda tidak berkurang seperti dilansir dari Health Site.

 mabok

1. Anda minum terlalu banyak alkohol

Di saat Anda meminum alkohol, kalori tersebut diubah dan disimpan sebagai lemak, dan menghasilkan lingkar pinggang yang lebih besar.

Meminum alkohol pun bisa membuat Anda makan lebih banyak. Ini karena alkohol meningkatkan nafsu makan dengan menekan leptin, hormon yang memberi tahu otak untuk berhenti makan. Selain itu, alkohol dapat mengganggu tidur Anda sehingga memicu Anda untuk makan lebih banyak kalori.

2. Anda bertambah tua

Seiring bertambahnya usia, laju metabolisme tubuh Anda menurun serta jumlah kalori yang dibutuhkan untuk berfungsi normal. Bagi wanita, menopause dapat menyebabkan penambahan berat badan di area perut.

Menopause memperlambat produksi hormon estrogen, progesteron, dan testosteron. Penurunan kadar hormon menyebabkan penumpukan lemak di perut mereka.

Baca juga: Gambar Kucing Raksasa Berusia 2.000 Tahun Ditemukan di Nazca Peru

3. Anda hanya melakukan latihan kardio

Untuk perut rata, Anda perlu melakukan kombinasi latihan kekuatan dan latihan kardio. Latihan kekuatan meningkatkan massa otot, dan lebih banyak otot berarti tubuh Anda akan membakar lebih banyak kalori.

Selain itu, Anda harus rutin dan meningkatkan intesitas latihan untuk menghilangkan lemak perut yang membandel dan akan membakar lebih banyak kalori dalam waktu yang lebih singkat.

4. Anda makan banyak makanan olahan

Makan terlalu banyak makanan olahan seperti roti putih, kerupuk, keripik, minuman manis, dan makanan penutup, dapat menghambat kemampuan Anda untuk menghilangkan lemak di sekitar bagian tengah tubuh.

Makanan ini dapat meningkatkan peradangan di tubuh Anda dan berkontribusi pada pelebaran lingkar pinggang Anda. Jadi, hindari makanan olahan sebanyak mungkin dan sertakan makanan yang lebih alami seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dalam makanan Anda. Makanan alami mengandung antioksidan yang memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat membantu mencegah lemak perut.

5. Anda sedang stres

Terlalu banyak stres dapat mempersulit penurunan berat badan, terutama dari sekitar bagian tengah tubuh Anda. Saat stres, orang cenderung mengonsumsi makanan tinggi lemak dan berkalori tinggi. Selain itu, stres juga menyebabkan peningkatan kadar kortisol, yang dikenal sebagai hormon stres dan berkontribusi pada penyimpanan lemak, terutama di bagian perut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini