Viral Wanita Lari 1,6 Km dalam Kondisi Hamil Tua

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 19 Oktober 2020 15:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 19 612 2296036 viral-wanita-lari-1-6-km-dalam-kondisi-hamil-tua-3GW3742f2T.jpg Ilustrasi ibu hamil lari (Foto: Runner World)

Seorang wanita menjadi viral di media sosial karena berlari satu mil atau 1,6 kilometer dalam waktu 5 menit 25 detik dalam kondisi hamil sembilan bulan. Ia menjadi viral setelah beberapa hari lalu pengguna TikTok bernama Mike Myler @mikemyler membagikan video istrinya yang berusia 28 tahun bernama Makenna Myler.

Tentunya hal ini merupakan prestasi yang cukup mengesankan. Namun kondisi ini dibuat lebih mencengangkan oleh fakta bahwa Makenna sedang hamil sembilan bulan. Berbicara kepada Buzzfeed, Makenna mengungkapkan bahwa waktunya larinya 100 persen benar.

 ibu hamil

Makenna juga memberi tahu bahwa dia telah berlari lima hingga enam kali seminggu selama kehamilannya.

"Saya mengurangi jarak tempuh saya banyak dan telah jauh lebih lambat. Tetapi saya sangat khusus dengan latihan kekuatan saya untuk memastikan pergeseran panggul saya dan penambahan beban tidak menyebabkan cedera,” terang Makenna, sebagaimana dilansir VT, Senin (19/10/2020).

Pelatih asal California ini mengaku bahwa ia gugup tentang dampak kehamilan terhadap kecintaannya pada berlari. Oleh karena itu, Mike menawari Makenna USD100 atau 1,4 juta jika bisa memecahkan waktu 8 menit sejauh 1,6 kilometer saat hamil sembilan bulan. Calon ibu itu dapat berlari dengan jarak kira-kira dalam 7 menit sebelum hamil.

 Baca juga: Gambar Kucing Raksasa Berusia 2.000 Tahun Ditemukan di Nazca Peru

Makenna pun berhasil memecahkan target lari selama 8 menitnya, melalui video TikTok dan mengumpulkan lebih dari 3,4 juta tampilan hanya dalam lima hari. Selain itu ia juga berhasil membuat para netizen menjadi tercengang.

"Saya bisa menjalankannya di 10 dengan perut seukuran tapi saya tidak punya bayi di dalamnya," tulis seorang netizen.

"Saya hampir tidak bisa berjalan menaiki tangga tanpa kehabisan nafas pada usia 9 bulan. Dia seorang bintang rock,” ujar netizen lainnya.

Terkait dengan hobi berlarinya saat sedang hamil tua, Makenna juga telah berkomunikasi dengan dokter yang merawatnya.

"Dokter pertama membicarakannya karena dia pernah berurusan dengan atlet elit sebelumnya. Sementara dokter kedua meminta saya untuk lebih berhati-hati karena dia tidak memahami latar belakang saya dan itu sebelum USG. Setelah ultrasound menunjukkan bayi yang sangat sehat, dia menjadi lebih suportif, tetapi menekankan pentingnya mendapatkan cukup kalori,” lanjutnya.

Menurut NHS, wanita dapat melanjutkan rutinitas olahraga teratur saat mereka hingga hamil. Namun harus menghindari olahraga yang melibatkan kontak fisik, selam scuba, dan olahraga apa pun pada ketinggian di atas 2.500 m di atas permukaan laut. Yoga juga harus dihindari.

Dianjurkan juga agar individu selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga, dan menenangkan diri setelahnya. Mengonsumsi banyak air dan cairan lain, hindari berolahraga dalam cuaca panas, dan pastikan semua kelas olahraga dijalankan oleh guru yang berkualifikasi baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini