4 Manfaat Sayur Kol yang Jarang Diketahui

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 21:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 298 2296868 4-manfaat-sayur-kol-yang-jarang-diketahui-VDB9ElZWav.jpg Sayur kol (Foto: CBC)

Kol merupakan salah satu sayuran yang sering dibuat untuk membikin sup atau sayur lalapan. Kol selain lezat ternyata juga menyehatkan badan.

Sayuran kol kaya vitamin A, B1, B12, B6, E, C, K, dan mineral lain seperti kalsium, zat besi, iodine, potassium, sulfur, fosforus, dan asam folat. Dilansir dari NDTV, berikut ini berbagai manfaat kol jika Anda rajin mengonsumsinya.

 kol

1. Untuk detoksifikasi tubuh

Kaya akan vitamin C dan sulfur yang dikenal ampuh melawan toksin seperti radikal bebas dan asam urik dari tubuh Anda. Menurut Dr. Komal, Pakar Nutrisi di SCI International Hospital, Jus kol membantu proses pergerakan usus dan menjaga organ hati agar tetap baik kondisinya.

2. Mengatur gula darah

Kol merah juga kaya zat fitonutrien atau zat betalains yang memberikan warna alami. Betalains diketahui berfungsi untuk merendahkan zat gula darah dan produksi insulin. Kol juga mengandung zat hiperglikemik sebagai obat diabetes tipe-2.

3. Membantu menurunkan berat badan

Sama seperti sayuran lain, kol juga mengandung antioksidan, fiber dan vitamin. Ketiga zat tersebut diketahui rendah kalori, dan jika Anda mengonsumsi sebuah kol saja, Anda akan merasa kenyang. Bisa juga Anda.

Baca juga: Potret Anya Geraldine Jadi Pengantin Bali Menanti Calon Suami

4. Bagus untuk kulit

Kol mengandung zat sulfur, yang bertanggung jawab membuang sel kulit mati. Mengutip dari buku Healing Foods oleh DK Publishing, Kol mengandung vitamin C dan K, serta antioksidan yang dapat melindungi kulit akibat paparan radikal bebas. Kandungan sulfur dapat menyembuhkan jerawat dan ekzema.Jadikan santapan kol lebih nikmat dengan cara difermentasi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini