Cara Hentikan Penyebaran Covid-19 di DKI Jakarta, PSBB Transisi Efektif?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 07:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 481 2296358 cara-hentikan-penyebaran-covid-19-di-dki-jakarta-psbb-transisi-efektif-XzEvQfCmr0.jpg Patuhi protokol kesehatan cegah penularan Covid-19 (Foto : Okezone)

Kasus positif virus corona Covid-19 di DKI Jakarta masih menunjukkan angka yang tinggi. Alhasil pemerintah memutuskan untuk melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penularan penyakit.

Saat ini DKI Jakarta telah memasuki masa PSBB transisi, sehingga para masyarakat bisa kembali beraktivitas meski tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Lantas bagaimana cara yang tepat dilakukan pemerintah untuk menekan angka positif Covid-19 di Jakarta?

Menjawab hal ini Pakar Epidemiologi Universitas Airlangga, Laura Navika Yamani, mengatakan pengawasan ketat dari pemerintah DKI Jakarta menjadi hal penting yang wajib dilakukan. Artinya pemerintah harus tanggap dan merespon cepat tentang angka infeksi Covid-19.

“DKI Jakarta tetap harus memonitoring perkembangan kasus dan tetap dengan skenario rem darurat jika terjadi penyebaran kasus yang meningkat,” terang Laura, saat dihubungi Okezone, Senin 19 Oktober 2020.

Baca Juga : PSBB Transisi Efektif Cegah Kenaikan Angka Covid-19?

Tak hanya terus memonitor angka infeksi Covid-19 di Ibukota, pemerintah DKI Jakarta juga harus terus menjalankan 3T. Sekadar informasi 3T terdiri dari Testing, Tracing dan Treatment. Hal ini dipercaya bisa menahan penyebaran Covid-19 di masyarakat.

“3T disesuaikan dengan kondisi penyebaran di daerah tersebut. Dan masyarakat harus tetap dengan protokol kesehatan secara patuh dan disiplin,” tuntasnya.

PSBB transisi efektif cegah lonjakan kasus Covid-19?

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi untuk mencegah kenaikan angka kasus Covid-19. PSBB transisi II ini sendiri telah berjalan lebih dari seminggu.

Meski demikian apakah PSBB transisi yang diberlakukan pemerintah DKI Jakarta efektif untuk dilakukan? Menjawab hal tersebut, Laura Navika Yamani mengatakan PSBB menjadi pilihan pemerintah sebagai upaya pengendalian kasus Covid-19.

“PSBB transisi diambil ketika kasus di suatu daerah cukup terkendali dan persiapan dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru,” terang Laura.

New Normal

Menurutnya, langkah yang diambil oleh pemerintah DKI Jakarta untuk menghadapi kenaikan angka positif Covid-19 sudah tepat. Meski demikian, Laura menjelaskan efektivitas dalam penerapan masa PSBB transisi ini bergantung pada perilaku masyarakat itu sendiri.

“Saya rasa memang ini menjadi langkah yang diambil oleh pemerintah DKI Jakarta setelah melihat situasi epidemiologis dari penyakit. Apakah ini efektif tergantung dari kepatuhan melaksanakan kebijakan ini,” tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini