6 Manfaat Mengonsumsi Selada yang Perlu Anda Ketahui

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 481 2296495 6-manfaat-mengonsumsi-selada-yang-perlu-anda-ketahui-YyxHZGtQ0T.jpg (Foto: Google)

Sayuran bervariasi, ada bayam, kangkung, sawi dan lain-lain. Selada juga merupakan sayuran yang mungkin pernah Anda konsumsi. Sayuran yang satu ini ternyata memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh.

Selada diketahui mengandung vitamin, asam folat, dan finonutien. Biasanya, daun selada dikonsumsi sebagai lalapan atau bahan tambahan makanan modern, seperti hamburger dan sejenisnya.

Semua orang membutuhkan selada karena manfaatnya yang begitu besar, baik untuk menyerta menu makanan, sampai untuk diet. Selain itu, semangkuk selada mengandungi vitamin C lebih banyak dari jeruk.

Berikut ini beberapa manfaat selada untuk tubuh Anda, sebagaimana dilansir Boldsky.

Mengandung serat

Semangkuk selada ternyata hampir setara dengan Anda mengonsumsi semakuk sereal dan pisang. Kemudian juga dengan tingginya serat, selada bisa membantu Anda yang sedang mengalami sembelit.

Mengandung asam folates

Asam folates ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Hal ini bisa mencegah cacat pada tabung saraf yang ada di dalam kandungan. Selain itu, selada juga mempunyai nutrisi yang berlimpah untuk bisa memelihara embrio dari si calon ibu. Jadi bagi para wanita, sangat dianjurkan mengonsumsi selada untuk merasakan manfaat kesehatannya.

Mengandung protein

Selada mengandung 18 persen protein, hanya kurang sedikit kandungan vitamin dari yoghurt. Hal ini jelas sangat membantu 8 asam amino yang dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan Anda.

 Selada diketahui mengandung vitamin, asam folat, dan finonutien.
(Foto: Wikihow)

Baca juga: Yuk Bikin Bibimbap, Masakan Korea yang Enak dan Sehat

Mengandung rendah kalori

Selada juga rendah kalori, di mana biasanya banyak dikonsumsi orang yang menderita kolesterol dan obesitas tinggi. Sementara itu, meski selada mengandung rendah kalori, tapi selada kaya nutrisi sehingga bisa memberikan keseimbangan kesehatan tubuh Anda.

Mengandung mineral

Salah satu hal yang paling bermanfaat dari selada bagi tubuh adalah mengandung banyak kandungan mineral, seperti kalsium, zat besi, kalium, magnesium, dan tembaga untuk kebutuhan metabolisme tubuh.

Mengandung air

Jika Anda merasa sudah bosan dengan mentimun sebagai lalapan, selada bisa menjadi pilihan alternatif. Hal ini karena menurut hasil penelitian, kandungan selada mempunyai sekira 16 persen dari kebutuhan air harian Anda, sehingga bisa menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi dan terasa bugar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini