10 Buah yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Adella Christyanti, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 481 2296660 10-buah-yang-harus-dihindari-penderita-diabetes-ELgaRtmVcF.jpg Mangga (Foto: Wisatalembang)

Penderita diabetes tidak bisa mengonsumsi sembarangan makanan apalagi yang berhubungan dengan rasa yang manis atau glukosa. Penderita diabetes perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi guna membantu mengurangi penyakit diabetes ini.

Menambahkan buah-buahan ke dalam makanan Anda dapat memberi tubuh Anda nutrisi yang dibutuhkan dalam bentuk vitamin esensial, karbohidrat, dan mineral. Di sisi lain, penderita diabetes perlu membuat beberapa pilihan, hati-hati saat makan buah. Meskipun buah-buahan baik untuk kesehatan kita, buah-buahan tertentu dapat berbahaya bagi penderita diabetes.

Dalam kasus penderita diabetes, buah yang berbeda dapat menyebabkan perubahan yang berbeda pada tingkat gula darah dalam tubuh. Untuk tetap aman, sangat disarankan untuk menghindari beberapa buah yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

Pada berikut ini, Okezone akan membahas 10 buah yang harus dihindari oleh penderita diabetes, dilansir dari boldsky.

1. Mangga

Meskipun 'Raja Buah' adalah salah satu buah terlezat di dunia, buah ini harus dihindari karena kandungan gulanya yang tinggi. Konsumsi secara teratur dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang berkepanjangan. Setiap 100 g mangga memiliki sekitar 14 g kandungan gula, yang dapat memperburuk keseimbangan gula darah.

 Penderita diabetes tidak bisa mengonsumsi sembarangan makanan apalagi yang berhubungan dengan rasa yang manis atau glukosa.

2. Sapota (sawo)

Sapota juga dikenal sebagai sawo, buah ini mengandung sekitar 7 g gula dalam setiap 100 g 1 porsi. Nilai indeks glikemik (GI) (55) buah, serta kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi, bisa sangat berbahaya bagi seseorang yang menderita diabetes.

3. Anggur

Anggur yang kaya akan serat, vitamin dan nutrisi penting lainnya, anggur juga mengandung jumlah gula yang baik. Anggur tidak boleh ditambahkan ke makanan penderita diabetes karena 85 g anggur dapat mengandung karbohidrat setinggi 15 g.

4. Aprikot Kering

Aprikot segar dapat ditambahkan ke diet diabetes. Namun, seseorang tidak boleh mengonsumsi buah-buahan olahan seperti aprikot kering. Satu cangkir bagian aprikot segar memiliki 74 kalori dan 14,5 g gula alami.

5. Buah Plum kering

Ini adalah salah satu buah utama yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Dengan nilai GI 103, plum mengandung 24 g karbohidrat dalam porsi seperempat cangkir.

Baca juga: Enaknya Lupis Ketan untuk Camilan, Ini Cara Bikinnya

6. Nanas

Meskipun relatif aman untuk mengonsumsi nanas saat menderita diabetes, konsumsi berlebihan dapat merusak kadar gula darah Anda. Kontrol konsumsi Anda dan pantau perubahan kadar gula darah Anda.

7. Apel Custard (Buah Srikaya)

Meskipun merupakan sumber vitamin C, kalsium, zat besi dan serat yang baik, tapi buah srikaya bukanlah pilihan terbaik untuk penderita diabetes. Satu porsi kecil sekitar 100 g bisa mengandung karbohidrat setinggi 23 g.

8. Semangka

Rendah serat dan kalori, semangka memiliki nilai GI 72 setengah cangkir saji dapat mengandung sekitar 5 gram karbohidrat, menjadikannya salah satu buah yang dapat dikonsumsi dalam porsi yang sangat kecil.

9. Pepaya

Memiliki nilai GI rata-rata 59, pepaya kaya akan karbohidrat dan kalori. Jika ditambahkan ke makanan penderita diabetes, itu harus dikonsumsi dalam jumlah yang sangat terbatas untuk menghindari peningkatan gula darah.

10. Jus Buah

Jus buah terbuat dari buah apa pun, harus dihindari oleh individu yang menderita diabetes karena dapat menyebabkan lonjakan glukosa. Karena jus ini tidak mengandung serat, jus dengan cepat dimetabolisme dan meningkatkan gula darah dalam beberapa menit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini