5 Makanan Kaya Vitamin D, Sudahkah Anda Mengonsumsinya Hari Ini?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 15:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 481 2296674 5-makanan-kaya-vitamin-d-sudahkah-anda-mengonsumsinya-hari-ini-h05dulYXP1.jpg (Foto: Alivebynature)

Vitamin D penting untuk meningkatkan kekebalan pada individu sehingga tubuh sehat. Kekurangan vitamin D dapat membuat tubuh kita rentan terhadap virus, infeksi umum, dan bahkan dapat menyebabkan masalah terkait tulang.

Vitamin D dapat diperoleh secara alami melalui sinar matahari tetapi banyak dari kita yang terkurung dalam ruang terbatas karena pandemi virus corona.

Berikut adalah beberapa makanan yang akan memastikan tubuh Anda memperoleh Vitamin D seperti dikutip DNA India pada Selasa (20/10/2020).

Jamur

Jamur adalah satu-satunya sumber vitamin D yang baik untuk tumbuhan. Seperti manusia, jamur dapat mensintesis vitamin ini saat terkena sinar UV. Jamur liar adalah sumber vitamin D2 yang sangat baik.

Kuning telur

Telur utuh adalah sumber lain yang baik, sekaligus makanan yang sangat bergizi. Sementara sebagian besar protein dalam telur ditemukan di putihnya, lemak, vitamin, dan mineral kebanyakan ditemukan di kuning telur. Satu kuning telur biasanya mengandung 37 IU vitamin D, atau 5% dari DV.

Susu sapi

Susu sapi, jenis susu yang paling sering dikonsumsi, secara alami merupakan sumber nutrisi yang baik, termasuk kalsium, fosfor, dan riboflavin. Di beberapa negara, susu sapi diperkaya dengan vitamin D.

 Vitamin D penting untuk meningkatkan kekebalan pada individu sehingga tubuh sehat.

Yoghurt

Kaya akan protein, yogurt juga diperkaya dengan vitamin D dan mengandung sekitar 5 IU per porsi 8 ons, sesuai data nutrisi USDA. Namun, lebih baik menghindari paket yogurt yang dibeli di toko karena kandungan gulanya yang tinggi dan menyiapkan yogurt di rumah adalah alternatif terbaik.

Oatmeal

Seperti tumbuhan gandum lainnya, oatmeal juga kaya akan vitamin D. Oatmeal juga mengandung vitamin dan mineral serta karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh.

Baca juga: 10 Buah yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini