Yuk Kejar 'Peak Bone Mass' untuk Cegah Osteoporosis

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 17:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 481 2296772 yuk-kejar-peak-bone-mass-untuk-cegah-osteoporosis-xpNmubJXfR.jpg (Foto: Open Systems Healthcare)

OSTEOPOROSIS masih menjadi salah satu penyakit dengan risiko kesakitan tinggi di Indonesia. Alhasil menjaga kesehatan tulang untuk mencapai Peak Bone Mass (Puncak Masa Tulang) adalah cara terbaik yang bisa dilakukan sejak dini.

Seksi Hubungan Luar Negeri PB. PEROSI, DR. dr. Rudy Hidayat, SpPD-KR, FINASIM mengatakan dalam kehidupan normal, manusia mengalami pemadatan tulang yang terjadi secara dinamis. Namun ada waktunya seseorang mencapai titik masa tulang tertentu.

“Ini yang dinamakan Peak Bone Mass dan biasanya terjadi pada usia 20 atau 30 tahun. Tapi kalau pada wanita yang menopause akan lebih cepat lagi. Karena kehilangan hormon esterogen,” terang dr. Rudy, dalam Talkshow ‘Love Your Bones, Protect Your Future’, Selasa (20/10/2020).

Oleh sebab itu dr. Rudy mengimbau kepada masyarakat khususnya para generasi muda supaya peduli terhadap kesehatan tulang. Salah satunya dengan mengonsumsi cukup nutrisi untuk mengejar Peak Bone Mass sejak dini.

“Jadi masyarakat harus mengejar setinggi mungkin puncak massa tulang. Sehingga kalau mengalami penurunan maka penurunan massa tulangnya tidak terlalu banyak,” lanjutnya.

Ia juga menyarankan masyarakat untuk memeriksa kesehatan tulang secara rutin. Sebab osteoporosis merupakan silent disease dan membutuhkan deteksi secara dini. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memeriksa tulang secara umum adalah Bone Mineral Densitometri (BMD).

“Pemeriksaan umum dilakukan dengan BMD menggunakan sinar x tapi lebih rendah lagi lagi dari x-ray. Jadi pemeriksaan ini relatif aman untuk digunakan dan tidak ada rasa nyeri sama sekali,” tuntasnya.

 Manusia mengalami pemadatan tulang yang terjadi secara dinamis.

Baca juga: 10 Buah yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini