Tips Memenuhi Kebutuhan Kalsium dan Vitamin D untuk Mencegah Osteoporosis

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 20:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 481 2296858 tips-memenuhi-kebutuhan-kalsium-dan-vitamin-d-untuk-mencegah-osteoporosis-M0XpxsToTG.jpg Susu mencegah osteoporosis (Foto: Think Stock)

Lansia di atas usia 50 tahun sangat rentan terserang osteoporosis. Jika dibiarkan kondisi ini akan membuat tulang menjadi semakin rapuh sehingga mudah patah dan mengalami fraktur.

Meski demikian kondisi ini sebenarnya bisa diantisipasi dengan cara memenuhi kebutuhan asupan nutrisi yang tepat sejak dini.

Ketua Umum PB. PEROSI, DR. dr. Fiastuti Witjaksono, MKM, MS, Sp.GK-K mengatakan, osteoporosis merupakan penyakit pada tulang di mana kepadatan dan kualitas tulang berkurang atau rapuh dan berisiko patah.

 keju

Ia mengatakan, risiko osteoporosis lebih besar terjadi pada wanita dibandingkan pria sebab saat menopause wanita sudah tidak lagi menghasilkan hormon esterogen.

Tentunya risiko osteoporosis ini dapat dicegah dengan mengonsumsi beberapa kebutuhan nutrisi harian yang mengandung banyak kalsium dan vitamin D. Dokter Fiastuti juga membagikan cara untuk mendapatkan asupan kalsium dan vitamin untuk kesehatan tulang.

“Kalau kalsium dari makanan cukup banyak. Contohnya susu, yogurt, dan keju. Asupan kalsium lain bisa dari ikan yang dimakan dengan tulangnya seperti ikan teri atau ikan bandeng presto, sarden dan lainnya. Bisa juga diperoleh dari kacang-kacangan seperti tahu tempe juga bagus,” sambungnya.

Meski demikian, dr. Fiastuti mengatakan sumber vitamin D dari makanan tidak banyak, dan hanya ditemukan pada makanan seperti salmon dan jamur. Tapi seseorang bisa mendapatkan vitamin D secara gratis dari paparan sinar matahari.

Baca juga: Potret Anya Geraldine Jadi Pengantin Bali Menanti Calon Suami

“Jam 10 dan jam 2 siang adalah waktunya untuk mendapatkan vitamin D dari matahari tapi berisiko kanker kulit. Jadi lebih baik berjemur pada pukul 10 pagi selama 15 menit. Berjemur cukup seminggu 3 kali saja,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini