Memeluk Sapi Dipercaya Turunkan Stres, Mau Coba?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 20 Oktober 2020 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 612 2296491 memeluk-sapi-dipercaya-turunkan-stres-mau-coba-XERwaYLC5J.jpg Peluk sapi usir stres (Foto : Nypost)

Menjaga kewarasan menjadi salah satu harapan yang dilakukan banyak masyarakat. Dengan begitu, Anda tetap bisa mengontrol imunitas tubuh dan terjaga dari risiko paparan Covid-19.

Upaya yang banyak dilakukan untuk tetap waras misalnya saja memelihara tanaman, gowes, atau sederhananya tetap terkoneksi dengan sahabat tersayang. Tapi, kini ada cara lain yang sedang tren yaitu memeluk sapi.

Terdengar aneh? Begitulah faktanya. Menurut laporan New York Post, beberapa orang di Belanda mulai melakukan aktivitas satu ini. Di sana, memeluk sapi sebagai upaya menurunkan stres disebut dengan 'Koe Knuffelen'.

Peluk Sapi

Baca Juga : 5 Gaya Nagita Slavina di Labuan Bajo, Cantik Pakai Topi Maria Mercedes!

BBC menjelaskan, praktik memeluk sapi diyakini bisa mengurangi stres pada seseorang dengan melepaskan hormon pengikat oksitosin. Nah, sapi dipilih secara khusus karena suhu tubuhnya hangat dan sikapnya yang tenang.

"Sapi adalah hewan yang sangat santai, mereka cenderung tidak berkelahi, mereka tidak mendapat masalah," kata seorang pemilik peternakan yang mempromosikan praktik aneh ini pada BBC.

Jadi, untuk bisa melakukan 'Koe Knuffelen', Anda cukup datang ke ladang dan pemilik sapi akan mengantar Anda ke sapi-sapi yang siap dipeluk. Beberapa orang bahkan dilaporkan berbaring bersama dengan si sapi dan melakukan itu dinilai sangat menyenangkan dan menenangkan.

Di lain negara, Amerika Serikat dan Swis, ternyata sudah menerapkan praktik ini sebagai mode kesehatan. Studi dilakukan pada 2007 dan hasilnya sudah diterbitkan di jurnal Applied Animal Behavior Science. Bukan hanya bermanfaat untuk manusia, kegiatan tersebut memberi dampak positif bagi sapinya juga.

Peluk Sapi

Jadi, para peneliti menemukan bahwa ketika hewan dielus-elus, dipijat, dan dimanjakan, mereka mengalami relaksasi dan perasaan senang juga, sama seperti manusia. "Hal ini menunjukkan bahwa sapi mungkin merasakan bagian tubuh manusia yang sering dibelai," terang peneliti.

Di sisi lain, jika Anda tidak menemukan hewan peternakan di sekitar kediaman, maka cukup mengelus hewan kecil juga memberi efek yang tak jauh berbeda. "Membelai hewan kecil juga terbukti menurunkan tekanan darah pada manusia dan memberi efek relaksasi," sambung peneliti.

Jadi, apakah Okezoners mau memeluk sapi untuk mengusir stress?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini