4 Makanan untuk Mencegah Osteoporosis, Sering Konsumsi Yuk

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 298 2296999 4-makanan-untuk-mencegah-osteoporosis-sering-konsumsi-yuk-gfwPGoHYTp.jpg Produk susu (Foto: Good House Keeping)

Osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang menyerang tulang. Ini terjadi karena kecepatan pembentukan tulang baru lebih lambat daripada pembuangan jaringan tulang lama.

Oleh karena itu, tulang pun menjadi lemah dan rapuh. Penyakit ini umumnya tidak bisa disembuhkan, namun Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan berikut ini seperti dilansir Endocrine pada Rabu (21/10/2020).

 susu

1. Susu

Tidaklah mengherankan jika makanan super untuk osteoporosis adalah susu. Susu kaya akan kalsium yang menguatkan tulang. Nutrisi penting untuk membangun tulang yang sehat.

Pilihlah susu rendah lemak atau skim. Makanan lain untuk dimakan untuk mendapatkan lebih banyak calcium yakni yogurt dan keju. Usahakan untuk makan 3 porsi produk susu setiap hari.

2. Salmon

Anda sudah tahu betapa enaknya salmon untuk Anda. Tapi apakah Anda tahu persis mengapa itu sangat bagus? Salmon mengemas vitamin D dalam dosis yang sehat, nutrisi kuat yang membantu tubuh menyerap dan memproses kalsium.

Makanan lain yang kaya vitamin D: kuning telur, jamur, dan tuna. Konsumsilah berbagai makanan dengan vitamin D setiap hari.

3. Almond 

Almond mendukung kesehatan tulang dengan berbagai cara. Seperti kacang dan biji-bijian lainnya, almond kaya akan kalsium, magnesium, dan protein.

Nutrisi penting yang membantu membangun tulang yang kuat dan sehat ada pada almond. Makan segenggam kacang sehari (itu berarti sekitar 23 kacang almond). Jika Anda tidak suka makan almond, cobalah pistachio atau biji bunga matahari, keduanya memiliki manfaat yang sama.

Baca juga: 5 Gaya Nagita Slavina di Labuan Bajo, Cantik Pakai Topi Maria Mercedes!

 

4. Sereal

Jika Anda tidak suka makanan olahan susu, ikan, atau sayuran berdaun hijau gelap (atau jika Anda tidak toleran terhadap laktosa), makan makanan yang diperkaya, seperti sereal sarapan yang diperkaya.

Sereal ini diperkuat dengan vitamin dan mineral yang baik untuk Anda, seperti kalsium dan vitamin D. Makanlah setidaknya satu porsi makanan yang diperkaya setiap hari jika Anda tidak mendapatkan cukup nutrisi ini dari makanan lain.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini