Gurihnya Udang Crispy Saus Telur Asin, Begini Cara Membuatnya

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 298 2297031 gurihnya-udang-crispy-saus-telur-asin-begini-cara-membuatnya-0ZJlRkRHrT.jpg Udang crispy saus telur asin (Foto : Faebook/Resep Bunda)

Chef Arnold Poernomo pernah dibully oleh teman-temannya saat SD di Australia, dan makanannya dibuang karena dia membawa nasi sambal udang.

“Makanan gue dan kakak itu sering dibuang, tiba-tiba ada di tempat sampah. Kenapa? Orang bule makan sandwich gue dikasih sambal udang sama nasi, bau kan,” kata chef Arnold seperti dikutip dari channel YouTube, Deddy Corbuzier, Rabu (21/10/2020).

Nah, bagi Anda yang menyukai jenis seafood ini selain dimasak menjadi sambal udang, bisa juga lho diolah menggunakan bahan-bahan khas lainnya. Salah satunya adalah udang crispy saus telur asin, seperti dikutip dari akun facebook Resep Bunda;

Bahan-bahan:

Udang Krispi

- 1/2 kilogram udang segar.

- 1-2 butir telur asin matang, ambil kuningnya saja.

- 3 batang daun bawang, iris-iris.

- 2 siung bawang putih, cincang halus.

- 3 buah cabai rawit, iris-iris.

- 1 sendok makan saus tiram.

- 1 sendok teh kecap asin.

- 6 sendok makan tepung serbaguna.

- Lada bubuk.

- Cabai bubuk.

Baca Juga : Resmi Menikah, Cantiknya Angela Lee Pakai Gaun Pengantin Berdada Rendah

Cara membuat:

1. Pertama-tama, bersihkan udang, sisakan ekornya. Campur dengan tepung serbaguna, tambahkan air sedikit demi sedikit. Aduk hingga kental dan lengket. Goreng dan sisihkan.

2. Sementara itu, panaskan sedikit minyak, masukan bawang putih, cabai, daun bawang dan semua bumbu lainnya. Masukkan kuning telur yang sudah dihaluskan dengan garpu, tambahkan air aduk hingga kental.

3. Kemudian, kecilkan api, masukkan udang goreng dan aduk rata. Di akhir bisa taburkan cabai bubuk, sajikan. Selamat mencoba.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini