5 Tanda Rambut Berketombe, Salah Satunya Gatal di Kulit Kepala

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 481 2297214 5-tanda-rambut-berketombe-salah-satunya-gatal-di-kulit-kepala-HvZMy1XmBK.jpg Ilustrasi (Foto: The Burgundy Affair)

Ketombe adalah kelainan kulit kepala yang umum terjadi. Penyebab pasti ketombe pun masih belum diketahui oleh para ahli medis. Sementara kulit kepala berminyak adalah faktor umum yang menyebabkan ketombe. Orang dengan kulit kering terkadang mengalami masalah kulit kepala yang sama.

Berbagai penelitian yang dilakukan pada ketombe telah menghasilkan kesimpulan bahwa ketombe terdapat berbagai jenis. Penyebab tiap jenis ketombe berbeda-beda.

Gejala ketombe sebagian besar berupa serpihan yang terlihat di kulit kepala dan rambut. Beberapa kelainan kulit seperti dermatitis seboroik, psoriasis juga bisa menimbulkan ketombe.

Jenis ketombe yang umum dikenal sebagai psoriasis, sedangkan dermatitis seboroik adalah jenis ketombe kritis yang dapat memengaruhi bagian tubuh lain juga.

Gejala ketombe pada rambut mungkin bergantung pada jenis kelainannya. Melansir Stylecrazy, berikut adalah beberapa gejala ketombe yang umum dialami oleh banyak orang.

Gatal di kulit kepala

Kulit kepala gatal adalah gejala ketombe yang paling umum. Jika Anda memiliki ketombe di kulit kepala, rasa gatal mungkin merupakan gejala yang biasa Anda alami. Rasa gatal tersebut disebabkan karena serpihan yang terlihat lepas.

Serpihan yang terlihat ini adalah sel-sel mati yang berasal dari kulit kepala. Jenis ketombe yang umum ini terutama terlihat selama cuaca dingin. Kulit kepala kering adalah penyebab utama ketombe. Anda tidak perlu khawatir bila mengalami kelainan seperti itu, ini akan hilang seiring berjalannya waktu.

Rambut rontok

Rambut rontok adalah gejala utama ketombe lainnya pada rambut. Terlepas dari jenisnya, rambut rontok adalah pengalaman umum saat Anda menderita masalah kulit kepala ini.

Penderita ketombe biasanya kehilangan 20-50 rambut setiap hari. Ini adalah kisaran normal rambut rontok. Tingkat kerontokan rambut yang mengkhawatirkan tentunya merupakan gejala ketombe.

 Ketombe adalah kelainan kulit kepala yang umum terjadi.

Baca juga: 4 Minuman Alami untuk Hilangkan Racun dalam Tubuh

Rambut kering dan kusam

Apakah rambut Anda kering dan kusam? Jika ya, Anda mungkin berketombe. Ketombe cenderung mengekstrak minyak yang ada dari kulit kepala, membuat rambut kering dan tidak bernyawa.

Rambut Anda mungkin tampak kusam dan tidak bisa diatur bahkan setelah disikat dengan benar. Anda harus menangani ini dengan sangat hati-hati.

Jerawat

Meskipun tidak berhubungan langsung dengan kulit kepala atau rambut, Anda mungkin melihat jerawat tiba-tiba muncul saat berketombe. Jerawat yang disebabkan oleh ketombe memiliki tampilan kemerahan.

Jerawat ini juga bisa menyakitkan. Banyak orang dengan masalah jerawat bisa menghilangkannya hanya setelah menghilangkan ketombe.

Konstipasi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketombe dapat menjadi penyebab sembelit kronis dan sindrom iritasi usus besar. Meski penyebabnya masih belum bisa dijelaskan, ini adalah pengalaman umum yang dirasakan oleh banyak orang yang berketombe.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini