Konsumsi Curcuma Bisa Cegah Penularan Covid-19? Ini Kata Dokter

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 481 2297229 konsumsi-curcuma-bisa-cegah-penularan-covid-19-ini-kata-dokter-mWTDMO2W3b.jpg (Foto: Onegreenplanet)

Herbal seperti curcuma atau dikenal kunyit, memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya meningkatkan dan memperkebal imunitas. Lantas apakah jenis jamu-jamuan ini bisa mencegah Covid-19?

"Jawabannya kita belum tahu ya, maksudnya ini kan terkait sesuatu yang memang harus dibuktikan, yang membuktikan dengan suatu penelitian spesifik untuk pencegahan," ujar Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr. Inggrid Tania saat Talkshow Kesehatan secara virtual, Rabu (21/10/2020).

Dokter Inggrid mengatakan, pada dasarnya herbal seperti curcuma memang dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Demikian juga sebagai upaya mencegah penularan virus seperti Covid-19, mengonsumsi curcuma cukup penting supaya tubuh kebal terhadap segala penyakit.

"Maka kita berharap bisa ketemu, kita bisa pergi memiliki kemampuan untuk tercegah dari penularannya. Tentunya pencegahan itu kan juga mesti komprehensif ya tidak hanya misalnya meningkatkan imunitas tubuh dengan suplemen," terangnya.

 Herbal seperti curcuma atau dikenal kunyit, memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: 4 Minuman Alami untuk Hilangkan Racun dalam Tubuh

"Tetapi kan memang harus upaya-upaya lain, misalnya menjaga imunitas tubuh itu kan perlu diet yang bergizi seimbang istirahat yang cukup cairan yang cukup kemudian juga hindari stres kemudian juga ya asupan vitamin juga harus tercukupi vitamin, dan mineral lalu juga protokol kesehatan juga harus berjalan dengan baik dan disiplin," tambahnya.

Lebih lanjut, curcuma memang berpotensi sebagai alternatif mencegah penularan Covid-19. Saat ini jenis herbal tersebut sedang diuji klinis di India, yakni sebagai pencegahan virus tersebut.

"Jadi semua kalau hasilnya bagus untuk bisa menjadi referensi atau rujukan kita," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini