Pentingnya Olahraga Selama Pandemi, Ini 7 Cara Amannya

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 481 2297387 pentingnya-olahraga-selama-pandemi-ini-7-cara-amannya-OsG2jxZlOG.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Pandemi Covid-19 membuat masyarakat harus tetap waspada, dan menjaga kesehatan. Salah satunya dengan cara rutin berolahraga untuk meningkatkan imunitas.

"Dengan olahraga dosisnya sesuai, itu dapat membantu menjaga imun kita. Apalagi sekarang konteksnya Covid-19, jadi kita butuh imun kita baik, sehingga olahraga salah satunya," kata dokter spesialis kesehatan, dr. Grace Joselini sp. KO seperti dikutip dari channel YouTube Official iNews, Rabu (21/10/2020).

Namun kegiatan tersebut tidak bisa disamakan seperti biasanya. Anda harus tetap mawas diri, dan mencari cara berolahraga yang aman di tengah pandemi.

Dilansir dari akun instagram Kemenkominfo, berikut ini panduan olahraga aman selama pandemi yang bisa Anda lakukan di dalam maupun di luar rumah;

1. Olahraga secara mandiri

Olahraga di Rumah

Pertama coba usahakan untuk olahraga secara mandiri. Sementara waktu, hindari olahraga berkelompok seperti sepak bola, basket, atau yang lainnya. Sebab hal ini dilakukan agar menghindarkan kerumunan.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Menurut Psikolog

2. Beri jarak

Dokter Grace

Jika Anda ingin melakukan olahraga yang melibatakan banyak orang seperti senam hingga erobik beri jarak aman beberapa meter dengan paserta lainnya.

3. Hindari kerumunan dan lokasi yang ramai

Jika Anda khawatir dengan kerumunan di masa pandemi ini, hindari hal tersebut. Anda masih bisa melakukan olahraga di dalam rumah atau di halaman, sehingga badan tetap sehat dan mencegah penularan virus tersebut.

4. Gunakan masker saat diperlukan

Apabila olahraga yang dilakukan tergolong santai dan berada di luar rumah, Anda bisa menggunakan masker sebagai perlindungan diri terhadap virus. Pastikan masker yang digunakan dalam keadaan bersih.

Jogging

5. Tidak dianjurkan memakai masker saat olahraga berat

Jika yang dilakukan adalah olahraga dengan intensitas berat, Anda tidak dianjurkan menggunakan masker. Karena saat itu, tubuh Anda memerlukan oksigen berlebih. Mengenakan masker akan membuat Anda sulit bernapas. Namun Dokter Reisa saja menyarankan tidak melakukan olahraga berat.

6. Olahraga sesuai kemampuan

Sepeda

Berolahragalah sesuai kemampuan Anda. Alih-alih ingin sehat, jangan sampai Anda melakukan olahraga yang melebihi kapasitas dan membuat Anda kelelahan.

7. Bawa botol minum dan hand sanitizer

Jika Anda ingin melakukan olahraga di luar rumah, selalu bawa botol minum sendiri juga hand sanitiser. Selalu terapkan pola hidup bersih ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini