Tak Mau Alami Kebotakan Dini? Atasi dengan Deretan Makanan Ini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 611 2297399 tak-mau-alami-kebotakan-dini-atasi-dengan-deretan-makanan-ini-izWXZpKbPm.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

STRES bukan hanya memengaruhi wajah dan kulit kita, tetapi juga bisa menimbulkan masalah pada rambut. Akibat stres, kita bisa mengalami kerontokan rambut loh, yang bisa menyebabkan kebotakan dini.

Selain stres, faktor usia juga turut memberikan andil bagi rambut rontok. Memang, rambut rontok sangat normal apabila jumlah rambut yang jatuh berkisar 50-100 helai.

Tapi, lebih dari itu patut diwaspadai karena dapat menyebabkan kebotakan. Terkadang penyebab rambut rontok bukan karena salah cara merawatnya, tetapi bisa juga karena trauma emosional, kekurangan protein, perubahan hormon, kehamilan, pubertas, menopause, penyakit tiroid dan anemia, serta diet yang kurang seimbang.

Oleh karenanya, banyak yang kemudian berupaya mengatasi masalah rambut rontok dan kebotakan dengan memakai produk perawatan rambut tertentu seperti sampo, kondisioner, vitamin rambut, dan sebagainya. Akan tetapi terkadang itu saja belum cukup.

rambut rontok

Melansir Pink Villa, inilah deretan makanan yang bisa membantu mengatasi masalah rambut rontok:

Telur dan produk susu

Makanan berprotein tinggi ini bermanfaat untuk pertumbuhan dan ketebalan rambut. Telur dan produk susu kaya akan nutrisi penting lainnya seperti vitamin B12, Biotin, asam lemak Omega 6, zat besi, dan seng.

Bayam

Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab utama kerontokan rambut. Hal ini bisa diatasi dengan cara mengonsumsi bayam. Tak hanya zat besi, bayam juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin K, A, C, B2, B6, B1, E, mangan, seng, serta asam lemak omega 3. Vitamin dan mineral tersebut dapat mempercepat pertumbuhan rambut.

Stroberi

Buah yang mayoritas berwarna merah ini membantu mencegah penipisan rambut dan kebotakan. Stroberi juga melindungi dari penundaan dan faktor turunan kebotakan. Kandungan asam folat, vitamin B6, dan B5 di dalamnya dianggap sebagai nutrisi terbaik untuk membantu mencegah masalah rambut rontok lantaran membantu memperkuat akar rambut.

Kacang

Kacang-kacangan seperti kacang kenari dan almond adalah sumber nutrisi yang sangat baik. Makanan tersebut mengandung biotin, vitamin B, omega 3 dan 6 asam lemak, serta protein dan magnesium. Semua nutrisi itu memperkuat kutikula rambut dan menyehatkan kulit kepala.

Cokelat hitam

Cokelat hitam mencegah kerontokan rambut dengan menurunkan hormon stres. Makanan ini juga mengandung flavonol, sejenis antioksidan yang melindungi rambut dari sinar UV berbahaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini