Tak Mau Kena Osteoporosis di Masa Tua? Coba Deh Rajin Yoga

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 612 2297181 tak-mau-kena-osteoporosis-di-masa-tua-coba-deh-rajin-yoga-hX0LDExcyS.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEIRING meningkatnya usia, tulang kita pun akan mengalami penurunan kualitas. Akibatnya, kepadatannya pun akan berkurang dan menjadi rapuh atau lebih sering disebut dengan osteoporosis sendiri.

Osteoporosis sendiri memang termasuk dalam kategori penyakit degeneratif yakni, penyakit yang risiko terkena akan makin tinggi seiring dengan bertambahnya usia.

Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena osteoporosis. Beberapa di antaranya adalah bertambahnya usia, berat badan di bawah normal, kurangnya asupan kalsium, kebiasaan minum minuman beralkohol, minuman bersoda kopi, merokok, gangguan hormon, genetika, riwayat melahirkan dan saat menyusui.

osteophorosis

Menurut dr. Suci Sutinah, osteoporosis dapat dicegah sejak dini dengan menerapkan pola hidup sehat dan olahraga. “Salah satu olahraga terbaik yang dilakukan untuk pencegahan osteoporosis adalah dengan gerakan yoga," ujar dr. Suci Sutinah.

Astrid Amalia, seorang instruktur yoga mengatakan, gerakan-gerakan yoga dapat menguatkan tulang dan otot dengan cara yang sangat aman bagi siapa pun, baik untuk pencegahan ataupun yang sudah terkena osteoporosis. Yoga dapat meningkatkan keseimbangan tubuh sehingga tubuh menjadi kuat dan tidak mudah goyah.

"Cukup dengan 30 menit melakukan gerakan-gerakan yoga yang mudah kita sudah mencegah osteoporosis. Tidak perlu menggunakan matras, simpe l menggunakan kursi kita bisa melakukan di mana pun seperti di kantor, rumah atau tempat biasa kita beraktivitas tanpa harus repot membawa matras" tambah Astrid.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini