6 Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 09:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 298 2297609 6-makanan-yang-aman-dikonsumsi-penderita-diabetes-dwC23HrKze.jpg Buah Stroberi (Foto: Robintidefarms)

Mencari tahu makanan terbaik untuk dimakan saat Anda menderita diabetes bisa jadi sulit. Itu karena tujuan utama Anda adalah mengontrol kadar gula darah Anda.

Namun, penting juga untuk mengonsumsi makanan yang membantu mencegah komplikasi diabetes seperti penyakit jantung. Diet Anda dapat memiliki peran utama dalam mengelola diabetes agar tak memburuk.

Melansir Healthline pada Kamis (22/10/2020), berikut 6 makanan yang baik dan aman dikonsumsi penderita diabetes.

 alpukat

1. Alpukat

Alpukat memiliki kurang dari 1 gram gula, sedikit karbohidrat, kandungan serat tinggi, dan lemak sehat, jadi Anda tidak perlu khawatir buah tersebut meningkatkan kadar gula darah Anda.

Sebuah studi tahun 2019 pada tikus menemukan bahwa avocatin B (AvoB), molekul lemak yang hanya ditemukan dalam alpukat, menghambat oksidasi yang tidak lengkap pada otot rangka dan pankreas, yang mengurangi resistensi insulin.

2. Telur

Konsumsi telur secara teratur juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung Anda dengan beberapa cara. Telur mengurangi peradangan, meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) dan mengubah ukuran dan bentuk kolesterol LDL (jahat) Anda.

3. Biji chia

Biji chia adalah makanan yang luar biasa bagi penderita diabetes. Mereka sangat tinggi serat, namun rendah karbohidrat yang dapat dicerna.

Faktanya, 11 dari 12 gram karbohidrat dalam 28 gram (1 ons) sajian biji chia adalah serat, yang tidak meningkatkan gula darah.

4. Kacang polong

Kacang itu murah, bergizi, dan sangat sehat. Kacang adalah sejenis kacang-kacangan yang kaya vitamin B, mineral bermanfaat (kalsium, kalium, dan magnesium), dan serat.

Mereka juga memiliki indeks glikemik yang sangat rendah, yang penting untuk menangani diabetes.

5. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran paling bergizi. Setengah cangkir brokoli yang dimasak hanya mengandung 27 kalori dan 3 gram karbohidrat yang dapat dicerna, bersama dengan nutrisi penting seperti vitamin C dan magnesium.

Terlebih lagi, penelitian pada penderita diabetes telah menemukan bahwa makan kecambah brokoli dapat melindungi dari kerusakan sel.

 Baca juga: 4 Gaya Hijab Semi Formal Melody Laksani Eks JKT48, Simpel dan Cantik!

6. Stroberi

Stroberi adalah salah satu buah paling bergizi yang bisa Anda makan. Mereka kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai antosianin, yang memberi warna merah pada mereka. Antosianin telah terbukti mengurangi kadar kolesterol dan insulin setelah makan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini