Sering Konsumsi Brokoli Yuk, Ini 5 Manfaatnya yang Perlu Anda Tahu

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 298 2297768 sering-konsumsi-brokoli-yuk-ini-5-manfaatnya-yang-perlu-anda-tahu-mQrURuMkoi.jpg manfaat brokoli (Foto: Good House Keeping)

Brokoli dikenal sebagai sayuran yang sehat dan lezat yang kaya akan puluhan nutrisi. Ketika kita memikirkan tentang sayuran hijau untuk dimasukkan ke dalam makanan kita, brokoli adalah salah satu sayuran terpenting yang muncul di benak kita.

Berasal dari keluarga kubis, brokoli bisa dikategorikan sebagai tumbuhan hijau yang bisa dimakan. Melansir Times of India pada Kamis (22/10/2020), berikut 5 manfaat brokoli yang perlu Anda ketahui.

 brokoli

1. Mencegah kanker

Brokoli berbagi khasiat melawan kanker dan meningkatkan kekebalan dengan sayuran silangan lainnya seperti kembang kol, kubis Brussel dan kubis. 

Brokoli mengandung khasiat yang menghabiskan estrogen yang biasanya menyebabkan kanker di tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa brokoli sangat cocok untuk mencegah kanker payudara dan rahim.

2. Menurunkan kolesterol

Seperti banyak makanan utuh, brokoli dikemas dengan serat larut yang menarik kolesterol keluar dari tubuh Anda. Ini karena serat pada brokoli membantu mengikat asam empedu di saluran pencernaan. Ini membuat pengeluaran kolesterol dari tubuh kita menjadi mudah.

Menurut sebuah penelitian oleh Institute of Food Research, jenis brokoli tertentu dapat membantu mengurangi kadar kolesterol LDL darah hingga 6 persen.

3. Mengurangi reaksi alergi dan peradangan

Penelitian telah menunjukkan kemampuan kaempferol untuk mengurangi dampak zat terkait alergi pada tubuh kita. Brokoli bahkan memiliki asam lemak omega 3 dalam jumlah yang signifikan, yang dikenal sebagai antiradang.

Bersamaan dengan ini, brokoli juga dapat membantu orang yang menderita radang sendi karena brokoli mengandung sulforaphane, bahan kimia yang menghalangi enzim yang dapat menyebabkan kerusakan sendi dan menyebabkan peradangan.

4. Anti-penuaan

Karena brokoli diperkaya dengan vitamin C, yang memiliki banyak sifat antioksidan, sangat bagus untuk anti-penuaan. Ini karena antioksidan membantu melawan radikal bebas yang bertanggung jawab atas penuaan.

Radikal bebas ini seringkali merusak kulit. Makan brokoli secara teratur membantu mengurangi garis-garis halus, kerutan, masalah kulit seperti jerawat dan bahkan pigmentasi.

 Baca juga: 4 Gaya Hijab Semi Formal Melody Laksani Eks JKT48, Simpel dan Cantik!

5. Merawat mata

Brokoli mengandung beta-karoten, vitamin A, fosfor dan vitamin lain seperti B kompleks, vitamin C dan E. Semua nutrisi yang kaya ini bagus untuk kesehatan mata karena membantu melindungi mata dari degenerasi mascular, katarak, dan bahkan memperbaiki kerusakan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini