Waduh, Uji Coba Vaksin Covid-19 Memakan Korban Jiwa

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 08:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 481 2297596 waduh-uji-coba-vaksin-covid-19-memakan-korban-jiwa-hBUSMS3mGo.jpg Mencari Vaksin Covid-19 (Foto: The Scientist)

Sukarelawan dalam uji coba vaksin Covid-19 AstraZeneca meninggal dunia di Brasil. Laporan ini disampaikan Badan pengawasan Kesehatan Nasional Brasil, Anvisa.

Pihak Anvisa menjelaskan, kabar duka tersebut mereka terima sejak Senin, 19 Oktober 2020. Meski menelan korban jiwa, vaksin Covid-19 AstraZeneca yang dikembangkan bersama Universitas Oxford itu akan tetap dilanjutkan.

 uji coba vaksin

"Kami tidak dapat mengomentari kasus individu dalam uji coba vaksin Oxford yang sedang berlangsung ini karena kami sangat mematuhi kerahasiaan medis dan peraturan uji klinis. Tetapi, kami dapat mengonfirmasi bahwa semua proses peninjauan yang diperlukan telah diikuti," menurut rilis yang diterima NBC News.

Dijelaskan juga dalam laporan tersebut bahwa semua peristiwa medis yang signifikan dinilai secara cermat oleh penyelidik uji coba, komite pemantau keamaan independen, dan pihak berwenang.

"Penilaian ini tidak menimbulkan kekhawatiran tentang kelanjutan studi yang sedang berlangsung," jelas laporan itu.

Ian Jones, profesor virologi di University of Reading, Inggris mengatakan, bahwa kemungkinan adanya kasus kematian itu tidak terkait langsung dengan vaksin.

"Tanpa rincian, tidak mungkin untuk mengetahui apa yang telah terjadi dalam kasus ini, tetapi karena persidangan berlanjut, saya pikir kita dapat mengasumsikan keadaan kematian sedemikian rupa sehingga jelas-jelas tidak terkait dengan vaksin," kata Jones.

 Baca juga: 4 Gaya Hijab Semi Formal Melody Laksani Eks JKT48, Simpel dan Cantik!

Uji klinis fase 3 vaksin Covid-19 AstraZeneca ditunda pada awal September setelah seorang peserta penelitian di Inggris mengalami cedera tulang belakang. Uji coba tersebut dilanjutkan di Inggris dan Brasil, meski di Amerika penelitian tetap ditunda.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini