Kesehatan Anda Dinilai dari Kuku, Inilah Tanda-Tanda Yang Harus Diketahui

Novia, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 481 2297720 kesehatan-anda-dinilai-dari-kuku-inilah-tanda-tanda-yang-harus-diketahui-4TrSjkib3L.jpg Kondisi kuku (Foto: Harpers Bazaar)

Kuku Anda dapat menunjukkan banyak hal tentang kesehatan Anda. Melihat lebih dekat lembaran keratin kecil ini dapat mengungkapkan segalanya mulai dari penyakit paru-paru hingga alergi.

Apakah Anda penasaran untuk mengetahui bagaimana Anda dapat menggunakan kuku jari tangan dan kaki Anda untuk melihat kesehatan Anda. Lihatlah 6 tanda kuku Anda tentang kesehatan Anda.

 kondisi kuku

1. Kuku putih tidak seperti biasa

Kuku umumnya berwarna merah muda terang tetapi ketika menjadi putih yang tidak biasa, itu adalah tanda beberapa komplikasi kesehatan. Anda harus tahu bahwa ini bisa menjadi pertanda dan mungkin menunjukkan bahwa Anda menderita masalah hati.

2. Kuku merah

Jika kuku Anda berubah dari warna merah muda biasa menjadi merah tua, Anda mungkin menderita penyakit jantung. Dan, jika kemerahan ini meluas ke kutikula Anda, ini mungkin merupakan tanda yang jelas dari penyakit autoimun Lupus. Pada saat ini, Anda harus memeriksakan diri secara medis.

3. Kuku terlalu tebal

Kita semua tahu seperti apa kuku kita. Setiap individu di muka bumi ini memiliki bentuk kuku yang berbeda-beda. Tetapi ketika Anda melihat bahwa kuku Anda tumbuh lebih tebal dan lebih cepat dari biasanya, Anda dapat menganggap ini sebagai tanda bahwa Anda menderita infeksi jamur kuku yang serius.

4. Garis vertikal gelap

Banyak orang mengabaikan garis-garis yang tidak biasa pada kuku mereka karena tidak menyebabkan rasa sakit atau perubahan warna. Namun, kondisi kuku Anda yang satu ini dapat menunjukkan bahwa Anda sedang menderita penyakit serius dan Anda perlu berhati-hati. Jika Anda melihat kuku Anda ditutupi oleh garis-garis vertikal gelap, maka segera ke dokter.

5. Kuku biru

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, kuku kita berwarna merah muda terang, tetapi ketika kuku berubah menjadi kebiruan, itu menandakan bahwa tubuh Anda tidak mendapatkan cukup oksigen. Ini tandanya Anda mengidap penyakit paru-paru, seperti emfisema. Beberapa masalah jantung yang serius juga berhubungan dengan kuku kebiruan.

Baca juga: 4 Gaya Hijab Semi Formal Melody Laksani Eks JKT48, Simpel dan Cantik!

6. Kuku kuning

Kuku kekuningan adalah salah satu indikator infeksi jamur yang paling umum. Saat infeksi menyebar, bantalan kuku mungkin menjadi lemah dan hancur. Dalam beberapa kasus yang paling langka, kuku kuning juga bisa menunjukkan kondisi kesehatan yang lebih serius seperti diabetes, penyakit paru-paru parah, atau tiroid.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini