Rutin Minum Kopi Sebabkan Osteoporosis, Mitos atau Fakta?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 481 2297735 rutin-minum-kopi-sebabkan-osteoporosis-mitos-atau-fakta-cv670CwvXC.jpg Minum kopi pagi hari (Foto: About Islam)

Beredar informasi di masyarakat bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi kopi berisiko mengalami masalah osteoporosis. Penyakit yang bisa menyebabkan patah tulang tersebut pun dinilai jadi ancaman serius kesehatan seseorang.

Ya, jika seseorang sudah mengalami osteoporosis, produktivitas dirinya tidak akan sama dengan situasi sebelumnya. Ini pun berisiko pada kematian.

 osteoporosis

Pakar Gizi Klinik FKUI-RSCM Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc, mengambil contoh pada kasus pasien patah tulang panggul. Ketika kondisi itu terjadi, risiko kematian si pasien akan meningkat.

"Ketika si pasien itu patah tulang panggul, dia tidak bisa bergerak dari tempat tidurnya, melalukan aktivitas biologisnya seperti pipis ataupun buang air besar pun di kasur. Jangka panjangnya, ada luka yang menahun di tulang belakang yang menyebabkan kematian. Padahal, awalnya patah tulang panggul," terangnya dalam Webinar yang diselenggarakan CDR, Kamis (22/10/2020).

Nah, kembali ke risiko osteoporosis pada peminum kopi, Prof Wati ternyata membenarkan hal tersebut. Apa alasannya?

Kopi itu memberi efek samping bagi si peminumnya mau pipis terus. Efek tersebut ternyata merugikan untuk tubuh Anda. Sebab, saat Anda buang air kecil, bukan hanya air yang keluar tapi banyak mineral yang ikut terbuang, termasuk di dalamnya itu kalsium.

"Jadi, semakin Anda sering pipis, maka air yang keluar itu membawa 'teman temannya' yaitu mineral dan kalsium. Nah, makin banyak minum kopi, maka makin sering Anda buang air kecil dan itu berarti akan banyak kalsium yang terbawa urin," terangnya.

 Baca juga: 4 Gaya Hijab Semi Formal Melody Laksani Eks JKT48, Simpel dan Cantik!

Ini menjadi buruk ketika kalsium yang terbuang itu yang belum terserap ke dalam tubuh. Karena itu, kebutuhan kalsium yang harusnya terpenuhi, malah terbuang karena Anda sering pipis karena minum kopi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini