4 Manfaat Soda Kue untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Novia, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 481 2297772 4-manfaat-soda-kue-untuk-kesehatan-kulit-dan-rambut-y79tVJjv2v.jpg (Foto: Boldsky)

Soda kue atau sodium bikarbonat merupakan salah satu bahan yang bisa ditemukan di lemari dapur. Ternyata, bahan pokok rumah tangga ini memiliki beragam khasiat bagi kesehatan, mulai dari mengobati sakit maag hingga meredakan sariawan dan memutihkan gigi.

Soda kue memiliki sifat antibakteri, antijamur, antiseptik, dan antiradang. Produk serbaguna dengan harga terjangkau ini juga dapat memberikan manfaat bagi rambut dan kulit Anda.

Di bawah ini adalah beberapa aplikasi kecantikan dari baking soda untuk kulit dan rambut Anda, diikutip dari Thehealthsite.

1. Meredakan Sunburn

Soda kue bersifat basa, yang membantu menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari dan meredakan gatal dan sensasi terbakar. Berkat sifat antiseptik dan pengeringannya, ini juga membantu mengeringkan lepuh akibat sengatan matahari dengan cepat.

Cara menggunakan:

- Ambil 1 cangkir air dingin dan tambahkan 1-2 sendok makan soda kue ke dalamnya.

- Sekarang rendam kain lap bersih dalam larutan ini, lalu peras kain tersebut dan simpan di area yang terkena selama 5 hingga 10 menit. Lakukan ini dua hingga tiga kali sehari sampai Anda merasa lega.

- Cara lainnya, Anda dapat menambahkan ½ cangkir soda kue ke dalam bak mandi yang berisi air dan rendam diri Anda di dalam larutan tersebut selama 10 sampai 15 menit.

2. Meningkatkan warna kulit

Soda kue adalah solusi mudah dan murah untuk warna kulit yang tidak merata. Ini membantu mengangkat sel-sel mati dan menyeimbangkan tingkat pH kulit, yang dapat membantu memperbaiki warna kulit Anda.

Cara menggunakan:

- Campur soda kue dengan air biasa atau air mawar untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini ke wajah Anda dan biarkan selama 1 menit.

- Gosok perlahan menggunakan ujung jari Anda dan bersihkan wajah Anda dengan air hangat.

- Lembapkan kulit Anda menggunakan pelembab setelah menggunakan soda kue.

- Ulangi pengobatan ini satu atau dua kali seminggu.

Atau cara lainnya adalah buat pasta dengan mencampurkan soda kue, jus lemon segar, dan minyak zaitun extra-virgin. Oleskan pasta ini ke wajah Anda dan diamkan selama 5 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

 Soda kue atau sodium bikarbonat merupakan salah satu bahan yang bisa ditemukan di lemari dapur.

Baca juga: 6 Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

3. Gunakan Sebagai Exfoliator Kaki

Soda kue adalah bahan pengelupas alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan kulit kering di kaki Anda.

Cara menggunakan:

- Tambahkan 3 sendok makan soda kue ke dalam bak berisi air hangat. Aduk rata dan rendam kaki Anda di dalam bak selama setidaknya 10 menit. Ini akan melembutkan kulit yang terendam.

- Setelah itu Anda bisa menggosok sisa kotoran dan kulit mati menggunakan batu apung.

4. Melawan Rambut Bau dan Berminyak

Rambut bau adalah masalah umum bagi orang dengan rambut berminyak. Soda kue dapat mengurangi sifat berminyak serta menetralkan bau busuk. Selain itu, membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala, menjadikannya bersih dan sehat.

Cara menggunakan:

- Campur soda kue dengan air dengan perbandingan 1: 3.

- Basahi rambut Anda dan oleskan campuran ini di atasnya.

- Biarkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air. Ulangi ini sekali atau dua kali sebulan.

- Atau Anda dapat menambahkan 1 sendok makan soda kue ke botol sampo biasa dan menggunakannya untuk mencuci rambut 1 atau 2 kali seminggu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini