Tercium Bau Aneh tapi Tidak Diketahui Sumbernya? Kenali Phantosmia

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 14:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 481 2297789 tercium-bau-aneh-tapi-tidak-diketahui-sumbernya-kenali-phantosmia-aDQXljBj9o.jpg Ilustrasi

Pernahkah Anda tetiba mencium bau aneh padahal tidak ada sumber bau yang berubah dari sekitar Anda? Dalam dunia medis, kejadian Anda mencium bau aneh tapi tidak jelas sumbernya disebut dengan istilah Phantosmia.

Beberapa ahli menyebutnya sebagai bau hantu atau halusinasi penciuman. Menurut laporan Medical News Today, bau hantu yang tercium dari setiap orang berbeda-beda, tapi bisa diidentifikasi dengan bau roti gosong, logam, atau bahan kimia.

Orang dengan gangguan sinus atau ada masalah di sistem saraf atau otak, termasuk migran, stroke, atau skizofernia biasanya kerap mencium bau hantu ini.

Dijelaskan lebih detail, orang dengan gangguan bisa mencium bau hantu ini hanya 10 hingga 20 persen saja dari populasi suatu negara. Pada kebanyakan kasus, phantosmia tidak perlu dikhawatirkan karena bisa hilang dan sembuh sendiri.

Tapi, pada beberapa kasus, ketika bau hantu itu muncul, efek yang ditimbulkan adalah rasa tidak mau makan atau nafsu makan hilang. Karena kondisi tersebut, berat badan seseorang akan mengalami penurunan.

 Pernahkah Anda tetiba mencium bau aneh padahal tidak ada sumber bau yang berubah dari sekitar Anda?

Baca juga: 6 Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Lantas, mengapa seseorang bisa mencium bau hantu sementara yang lain tidak?

Dunia medis menyalahkan masalah pada hidung atau rongga hidung. Dua hal itu jadi penyebab paling umum dari masalah phantosmia. Masalah hidung itu termasuk polip hidung, tumor, infeksi sinus kronis, demam atau rinitis, alergi, atau rinitis non alergi.

Selain karena adanya masalah di hidung, penyakit bisa mencium bau hantu bisa terjadi karena penyakit di otak, seperti epilepsi, trauma kepala, migrain, skizofernia, depresi, stroke, pemakaian obat tertentu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini