Menyantap Ikan Lele Baik untuk Kesehatan Jantung dan Tulang

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 481 2297941 menyantap-ikan-lele-baik-untuk-kesehatan-jantung-dan-tulang-2o8j22qtNq.jpg (Foto: Anekamasakan)

Mengonsumsi ikan lele baik untuk kesehatan tubuh, khususnya untuk jantung dan tulang. Tidak hanya itu, ikan lele juga bagus untuk diet hingga kesehatan kulit.

Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi ikan lele untuk mendukung kesehatan tubuh.

Baik untuk kesehatan jantung

Sudah menjadi rahasia umum bahwa asam lemak omega-3 dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung. Hal ini tidak terlepas dari fungsinya yang mampu mengurangi kadar trigliserida dan tekanan darah. Di samping itu, asam lemak omega-3 juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mencegah terjadinya penggumpalan trombosit. Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi lele bila ingin punya jantung yang sehat!

Cocok untuk diet

Tak banyak yang tahu bahwa lele merupakan sumber protein yang baik untuk membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, di dalam protein lele juga terdapat asam amino esensial lisin, metionin, dan leusin. Bahkan, banyak ahli yang menyebut protein lele lebih tinggi dibandingkan susu sapi dan jenis daging lainnya. Kandungan protein inilah yang memberikan rasa kenyang lebih lama sekaligus mengurangi rasa lapar. Cocok banget buat kamu yang sedang diet!

Baik untuk kesehatan tulang

Selain kaya protein, lele mengandung vitamin dan mineral yang dapat menguatkan tulang. Ini berkat vitamin D yang memiliki manfaat untuk menyerap kalsium pembentuk tulang. Lele juga mengandun vitamin B12 dan fosfor yang lebih tinggi dibandingkan telur. Nutrisi inilah yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, gusi, dan gigi.

 Mengonsumsi ikan lele baik untuk kesehatan tubuh, khususnya untuk jantung dan tulang.

Baca juga: 6 Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Baik untuk ibu hamil

Kandungan asam lemak omega-3 dalam lele sangat baik untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan otak pada bayi. Nutrisi ini terdiri dari DHA yang menyumbang 40% asam lemak tak jenuh ganda di otak, dan 60% di retina mata. Dengan memastikan asupan asam lemak omega-3 yang cukup selama kehamilan, dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan, keterampilan, dan kemampuan sosial sang anak kelak. Selain itu, dapat meminimalisir risiko terjadinya autisme dan cerebral palsy.

Baik untuk kulit

Ingin punya kulit cantik dan mulus? Konsumsi saja lele secara rutin. Kadar vitamin B12 nya yang tinggi dapat mencegah berbagai permasalahan kulit seperti hiperpigmentasi, perubahan warna kuku, rambut, dan lain sebagainya. Selain itu, asam lemak omega-3 lele juga menghasilkan DHA. DHA berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit agar tetap kenyal dan bebas dari kerutan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini