Makan Tengah Malam Tingkatkan Risiko Diabetes, Benarkah?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 22:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 481 2298065 makan-tengah-malam-tingkatkan-risiko-diabetes-benarkah-4byNy9MN0c.jpg

Menyantap makanan di tengah malam ternyata tidak baik untuk kesehatan. Kebiasaan tersebut tidak hanya menyebabkan berat badan yang naik, namun juga bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes.

Tidak hanya diabetes, penyakit lain juga bisa muncul terkait masalah jantung. Dilansir dari Dailymail, sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti Amerika Serikat (AS) mengatakan, makan tengah malam akan meningkatkan kadar glukosa dan insulin yang berefek pada diabetes.

Selain kadar glukosa dan insulin yang meningkat, makan tengah malam juga meningkatkan kolesterol dan trigliserida, sehingga memperbesar risiko terkena penyakit jantung.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Prelman School of Medicine dari University of Pennsylvania di AS menegaskan, makan malam memiliki sejumlah efek kesehatan negatif.

 Menyantap makanan di tengah malam ternyata tidak baik untuk kesehatan.

"Kami tahu dari studi yang dilakukan bahwa saat Anda kurang tidur membawa dampak negatif pada berat dan metabolisme tubuh. Sebagian besar disebabkan karena orang yang kurang tidur, makan larut malam. Berdasarkan hal tu, cobalah untuk makan lebih dan tidur lebih awal,” kata pemimpin penulis dan peneliti profesor psikologi, Namni Goel.

Penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa orang yang makan larut malam lebih banyak daripada mereka yang makan lebih awal. Menurut sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity, mereka yang makan lebih awal kehilangan sekitar 12% dari berat badan mereka saat diet dibanding mereka yang makan tengah malam. Mereka hanya kehilangan sekita 8% walaupun melakukan pola diet yang sama.

Orang-orang yang makan di tengah malam juga ditemukan mengonsumsi lebih sedikit kalori saat sarapan, bahkan lebih cenderung melewatkan sarapan sama sekali. Hal itu memicu penambahan berat badan.

Menurut sebuah penelitian tahun 2007 yang dipublikasikan di jurnal yang sama, orang yang makan di tengah malam memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi daripada orang yang makan di awal.

Baca juga: Sawi Gulung Isi Ayam, Hidangan Lezat dan Sehat

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini