Anjasmara Dibegal saat Gowes, Ini Tips Aman Bersepeda

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 22 Oktober 2020 10:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 22 612 2297632 anjasmara-dibegal-saat-gowes-ini-tips-aman-bersepeda-MIhBf713Hg.jpg Anjasmara (Foto: Inst Anjasmara)

Artis Anjasmara mengalami kecelakaan sepeda di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan. Kecelakaan tersebut terjadi usai dipepet orang akan melakukan aksi pembegalan kepadanya.

Menurut beberapa informasi, kejadian tersebut terjadi saat Anjasmara sedang gowes di dekat Unika Atma Jaya, Senin lalu, sekitar pukul 07.30 WIB. Lalu, entah bagaimana Anjasmara dipepet seseorang di sebelah kanan dan mengincar ponsel di sakunya.

Refleks melakukan pembelaan diri, Anjasmara pun memukul pelaku diduga begal tersebut. Karena tindakan tersebut, ia pun jatuh tergelincir di jalan.

 gowes

Berkaca dari kasus Anjasmara, Pemerhati Transportasi Budiyanto, coba memberikan tips agar Anda gowes aman dari begal. Ini menjadi penting agar kasus seperti yang terjadi pada Anjasmara tidak terulang kembali.

Tips pertama adalah pada saat bersepeda, usahakan jangan sendirian. "Ya, minimal berdua atau bertiga. Ini penting supaya antara Anda dan teman lainnya saling berjaga dan mengawasi," katanya pada Okezone melalui pesan tertulis, Kamis (22/10/2020).

Seandainya terpaksa harus sendiri, sambung Budi, hindari jalan-jalan yang rawan, gelap, atau jauh dari aktivitas manusia.

Kemudian, saran lainnya ialah lengkapi sepeda dengan perlengkapan untuk keamanan dan keselamatan.

Lebih lanjut, saran untuk pemerintah yang bertanggung jawab di bidang keamaman, kata Budi, bisa melakukan langkah preventif dengan menggunakan bantuan teknologi, misalnya memasang CCTV dan lampu-lampu penerangan di tempat-tempat yang gelap.

"Untuk ke depannya, setiap kendaraan apakah kendaraan bermotor atau sepeda perlu dipasang alarm yang bisa terkoneksi dengan pihak kepolisian sehingga pada saat terjadi tindak pidana bisa dengan cepat terpantau pihak kepolisian," paparnya.

Baca juga: 4 Gaya Hijab Semi Formal Melody Laksani Eks JKT48, Simpel dan Cantik!

Dengan begitu, pihak kepolisian juga bisa dengan segera dapat melakukan pelacakan atau antisipasi. "Dalam situasi apapun kewaspadaan tetap dibangun untuk tidak terjebak pada situasi rutinitas," tambah Budi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini