7 Tips Membersihkan Sepatu di Musim Hujan, Dicoba Yuk

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 194 2298381 7-tips-membersihkan-sepatu-di-musim-hujan-dicoba-yuk-mb2NNmxYhc.jpg Sepatu (Foto: Pinterest)

Musim hujan telah tiba, tentu Anda akan merasa kesal saat sepatu kesayangan terkena noda atau terkena lumpur. Terlebih jika sepatu kesayangan Anda berwarna putih yang sangat rentan sekali kotor.

Nah, jika hal ini terjadi, Anda tidak perlu khawatir, sebab warna sepatu bisa kembali bersih dan berkilau. Anda hanya perlu rajin untuk membersihkannya saja. Merangkum dari Elle Muse, Jumat (23/10/2020), berikut tipsnya.

 merawat sepatu

1. Siapkan alat-alat pembersih

Alat dan produk yang harus Anda gunakan untuk membersihkan sepatu adalah semprotan perontok kotoran sepatu, sikat gigi bekas, tisu lembut, soda kue, pasta gigi, sampo, sabun cuci piring, dan pemutih.

 

2. Lindungi sepatu dari bahaya

Belilah pengusir noda dan air untuk menyemprot sepatu putih Anda berulang kali setiap 2 hingga 3 minggu. Semprotan tersebut dibuat untuk melindungi sepatu dari kotoran dan noda sehingga tidak perlu terlalu khawatir berjalan di atas rumput atau terkena becekan.

3. Lap sepatu Anda setelah setiap pemakaian

Jika sepatu tidak kotor, seseorang mungkin mempertimbangkan untuk mengelapnya agar tetap bersih. Mulailah dengan menyikat kotoran dengan lembut menggunakan sikat gigi kering, lalu gunakan pembersih ringan untuk menyekanya.

Anda bisa menggunakan lap riasan, atau kain putih basah lembut untuk menyeka sepatu.

4. Bersihkan sepatu sesekali

Ada beberapa cara untuk melakukan pembersihan mendalam yang baik untuk sepatu khususnya yang berwarna putih. Anda bisa menggunakan soda kue, pasta gigi, pemutih atau memasukkanya ke dalam mesin cuci.

Soda kue adalah cara teraman dan paling efektif karena mereka mampu melakukan pekerjaan luar biasa dalam membersihkan dapur.

5. Cara membersihkan sepatu dengan soda kue

Cara membersihkan sepatu putih dengan soda kue melibatkan penggunaan sikat gigi. Pertama, campur 1 sendok makan air panas, dengan 1 sendok makan cuka putih dan satu sendok makan soda kue. Campur menjadi pasta, lalu gunakan sikat gigi, untuk mengoleskannya pada area kanvas dan sol.

Oleskan pasta dengan gerakan melingkar dan setelah selesai, letakkan sepatu di tempat yang kering dan hangat selama beberapa jam. Setelah itu, bersihkan soda kue yang kering dengan menepuk sepatu atau menggunakan sikat gigi.

6. Larutan pemutih

Penggunaan pemutih tidak dianjurkan Tapi cara ini juga bisa digunakan untuk membersihkan sepatu putih. Tambahkan beberapa tetes pemutih ke air panas. Dengan menggunakan sikat gigi, oleskan larutan pada sepatu kemudian bilas dengan kain putih basah untuk meminimalisir bau.

Baca juga: Anak Diberi Nama Provider Internet, Keluarga Dapat Gratis WiFi 18 Tahun

7. Tips untuk membersihkan tali sepatu

Menggunakan penghilang noda adalah tip sederhana. Pada dasarnya semprotkan tali sepatu dengan penghilang noda dan biarkan selama sehari. Kemudian cuci dengan air hangat dan deterjen dan biarkan mengering.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini