Cegah Kekurangan Mikronutrien, Rajin Makan Buah Tiap Hari Yuk

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 08:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 298 2298183 cegah-kekurangan-mikronutrien-rajin-makan-buah-tiap-hari-yuk-cjY6DXd8jT.jpg Buah-buahan (Foto: Medical News Today)

Buah menjadi salah satu makanan yang dibutuhkan manusia. Mikronutrien (zat gizi mikro) yang terdapat pada buah dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit.

Namun berperan sangat penting dalam pembentukan hormon, aktivitas enzim berbagai metabolisme dalam tubuh termasuk kerja sistem imun.

 buah

Dokter Spesialis Gizi, dr. Florentina M. Rahardja, M.Gizi, Sp.GK mengatakan, nutrien yang dimaksud dalam mikronutrien adalah vitamin dan mineral. Salah satu sumber vitamin dan mineral yang alami adalah buah-buahan. Kelompok yang paling mudah mengalami kekurangan mikronutrien adalah ibu hamil, ibu menyusui dan anak-anak.

“Bagi anak-anak, kekurangan mikronutrien dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan, menurunkan fungsi kognitif dan menurunkan imunitas. Pada akhirnya anak menjadi rentan terhadap infeksi dan berdampak pada prestasi di sekolah,” terang dr. Florentina kemarin.

Lebih lanjut dr. Florentina mengatakan, kekurangan mikronutrien dapat berpengaruh terhadap tumbuh kembang dan masa depan seorang anak. Oleh sebab itu kecukupan mikronutrien sangatlah penting bagi seorang anak, salah satunya dengan memenuhi asupan buah yang cukup setiap harinya.

Baca juga: Anak Diberi Nama Provider Internet, Keluarga Dapat Gratis WiFi 18 Tahun

“Buah dapat diberikan sejak usia 6 bulan sebagai makanan tambahan. Buah yang diberikan juga harus bervariasi agar vitamin dan mineral yang diperoleh beragam serta anak tidak bosan. Pisang adalah salah satu buah yang tinggi mikronutrien yaitu kalium, karbohidrat, serat, vitamin C dan lainnya,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini