8 Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 08:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 481 2298175 8-manfaat-minum-air-putih-setelah-bangun-tidur-G4GZ7QXYH9.jpg Ilustrasi (Foto: Theoddsey)

Meminum air putih setelah bangun tidur di pagi hari baik untuk kesehatan tubuh. Setidaknya ada 8 manfaat mengonsumsi air putih di pagi hari, mulai dari membantu meningkatkan metabolisme hingga menyehatkan pencernaan.

Berikut ini sejumlah manfaat meminum air putih setelah bangun tidur di pagi hari, dikutip Boldsky.

Membantu meningkatkan metabolisme

Minum air sesaat setelah bangun tidur membantu meningkatkan metabolisme. Selain itu, cara ini juga dapat memberikan energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas sepanjang hari.

Mengrehidrasi tubuh

Tubuh kita akan mengalami dehidrasi setelah berjam-jam tidur. Jadi, saat bangun tidur di pagi hari, minum segelas air membantu rehidrasi tubuh, sehingga merasa segar dan berenergi.

Membantu menurunkan berat badan

Beberapa studi telah menunjukkan, minum air putih sesaat setelah bangun tidur membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena cara tersebut meningkatkan metabolisme dan pencernaan.

Menguras racun

Minum segelas air putih beberapa menit setelah bangun tidur di pagi hari membantu membilas racun dari tubuh. Hal ini dapat menjaga tubuh tetap sehat setiap hari.

 Meminum air putih setelah bangun tidur di pagi hari baik untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: Positif Covid-19, Sebaiknya Segera Lakukan 6 Hal Ini

Membantu mencegah sembelit

Salah satu penyebab utama sembelit adalah dehidrasi. Karena itu, minum air sesaat setelah bangun tidur di pagi hari membantu mencegah sembelit dan meningkatkan gerakan usus.

Meningkatkan fungsi otak

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, fungsi otak akan terhambat. Minum air sesaat setelah bangun tidur di pagi hari dapat membantu memberikan oksigen ke otak, sehingga meningkatkan fungsinya.

Mencegah mulas

Minum air putih beberapa menit setelah bangun di pagi hari membantu menurunkan tingkat asam di perut. Karenanya, kebiasaan sehat ini dapat mencegah mulas dan beragam masalah pencernaan.

Menyehatkan pencernaan

Kekurangan cairan tubuh adalah salah satu penyebab utama gangguan pencernaan. Jika seseorang minum air saat perut kosong sesaat setelah bangun tidur di pagi hari, maka membantu menyehatkan pencernaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini