Waspadalah, Ini 5 Permukaan Benda yang Berisiko Tinggi Terkena Covid-19

Novia, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 11:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 481 2298248 waspadalah-ini-5-permukaan-benda-yang-berisiko-tinggi-terkena-covid-19-TqNokHyVAf.jpg Permukaan ponsel bisa mengandung Covid-19 (Foto: Insider)

Untuk resiko Covid-19 tidak ada tempat yang aman, baik itu di dalam maupun di luar ruangan. Virus ini dengan cepat dan mudah menyebar dari satu permukaan ke permukaan lainnya.

Inilah 6 permukaan yang memiliki risiko tinggi terkena Covid-19 seperti dilansir dari Times of India. Apa saja?

 angkutan umum

1. Jendela di kendaraan angkutan umum

Sekarang karena sistem transportasi umum seperti metro, bus terbuka untuk digunakan, berhati-hatilah saat menyentuh permukaan bersentuhan tinggi saat Anda bepergian.

Meskipun norma jarak sosial diikuti sepenuhnya, tiang dan jendela terbuat dari baja, kaca, dan bahan serupa, yang dapat menjadi tempat yang baik bagi virus untuk berkembang biak di lingkungan bersuhu sedang.

Selain itu, permukaan ini juga disentuh oleh wisatawan lain, yang dimana terdapat risiko menular lebih tinggi . Oleh karena itu, bepergian dengan transportasi umum harus selalu waspada.

2. Uang

Sejak sejak pandemi dimulai, orang-orang menyarankan penggunaan fasilitas pembayaran tanpa kontak dan kartu plastik lainnya, karena virus Corona berpotensi berkembang dengan uang kertas dan uang kertas hingga 28 hari, dalam pengaturan suhu 20 derajat.

Ketika Anda memikirkan risiko penularan, pikirkan saja berapa kali Anda sudah bertransaksi dengan mata uang.

 Baca juga: Anak Diberi Nama Provider Internet, Keluarga Dapat Gratis WiFi 18 Tahun

3. ATM

Menarik uang adalah hal yang penting untuk dilakukan, begitu juga dengan menggunakan Mesin ATM. Namun, bilik kecil bisa menjadi tempat tidur virus. Tombol-tombol, layar kaca hingga lingkungan tertutup, ATM bisa menjadi tempat yang berisiko untuk dikunjungi, selama pandemi Covid-19.

Paling baik jika Anda tetap berpegang pada transaksi online untuk mencegah risiko. Jika Anda tidak bisa menggunakan transaksi online dan harus ke ATM, pastikan Anda mencuci tangan secara menyeluruh dan tetap mengenakan masker.

4. Ruang tunggu rumah sakit

Rumah sakit memiliki aturan pembersihan dan sanitasi yang ketat, terutama pada saat pandemi. Namun, satu tempat yang paling tidak aman adalah ruang tunggu rumah sakit, karena banyak pengunjung yang memadati ruangan, datang dari luar atau keluar, menularkan kuman bersama mereka.

Semakin tinggi langkah kaki, semakin tinggi pula risiko infeksi. Karenanya, mengunjungi rumah sakit sekarang mungkin bukan hal terbaik untuk dilakukan. Jika Anda harus pergi, pakailah masker wajah, pelindung wajah, pembersih, sarung tangan dengan tangan Anda.

5. Layar ponsel

Layar ponsel kita bisa menjadi satu-satunya pembawa infeksi terbesar dari bakteri, virus, dan banyak kuman licik lainnya. Dari menggunakan jari-jari kita setiap saat dan membawanya kemanapun kita pergi, termasuk toilet menjadikannya rumah berkembang biak kuman.

Karenanya, kita harus sangat berhati-hati dalam membersihkan permukaan yang penuh kuman seperti ponsel kesayangan kita. Bahaya yang sama dapat meluas ke peralatan lain seperti tablet, komputer, dan layar lainnya juga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini