Sudah Tidur 8 Jam tapi Masih Lelah, Mungkin Ini Penyebabnya

Dara Siti Nabillah, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 481 2298457 sudah-tidur-8-jam-tapi-masih-lelah-mungkin-ini-penyebabnya-NcqA5zA7Rc.jpg Membutuhkan tidur nyenyak (Foto: Health and Fitness)

Apakah Anda sering terbangun dengan rasa lelah setelah tidur sepanjang malam. Ini bisa menjadi gejala dari kondisi kesehatan Anda, atau efek dari kebiasaan buruk Anda.

Jika Anda bangun dengan perasaan lelah, bahkan setelah 8 jam tidur, maka itu terasa aneh. Berikut enam kemungkinan penyebab pusing dan lelah saat Anda bangun, serta tips untuk membantu Anda bangun dengan segar dan energik setiap hari.

 olahraga

1. Berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur

Berolahraga di siang hari dapat membantu Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Tetapi jika Anda berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, Anda mungkin akan lebih sulit tertidur.

Ini karena olahraga meningkatkan suhu tubuh Anda, mempercepat detak jantung Anda, yang membutuhkan waktu untuk beristirahat. Jadi, berolahragalah di awal hari agar tidur nyenyak di malam hari.

2. Jangan minum kafein atau alkohol sebelum tidur

Apa yang Anda makan atau minum di awal hari dapat memengaruhi tidur Anda juga. Minum alkohol mungkin membuat Anda cepat tertidur, tetapi Anda mungkin terbangun di tengah malam tanpa menyadarinya. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi alkohol dalam empat jam sebelum tidur menyebabkan tidur yang lebih terfragmentasi. Kafein juga dapat membuat Anda susah tidur. Maka hindari atau kurangi asupan alkohol dan kafein, terutama pada jam-jam sebelum tidur.

 Baca juga: Anak Diberi Nama Provider Internet, Keluarga Dapat Gratis WiFi 18 Tahun

3. Anda tidur terlalu banyak

Terlalu sedikit tidur membuat Anda merasa lelah keesokan harinya, tetapi terlalu banyak tidur juga bisa membuat Anda mengantuk juga. Faktanya, setiap perubahan dalam pola tidur Anda yang teratur dapat mengganggu ritme tubuh Anda dan menguras energi Anda, yang pada akhirnya dapat membuat Anda merasa lesu.

Kebutuhan tidur seseorang dapat berbeda. Umumnya, para ahli merekomendasikan rata-rata 7 hingga 9 jam tidur per malam untuk orang dewasa. Jadi jangan berlebihan juga.

4. Banyak hal yang Anda pikirkan

Stres adalah penyebab umum dari gangguan tidur. Jika otak Anda terus bekerja bahkan saat kepala Anda menyentuh bantal, ada kemungkinan besar Anda akan sulit tidur. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Sleep, stres terkait pekerjaan adalah penyebab utama orang tidak bisa tidur nyenyak. Berlatih meditasi atau teknik relaksasi dapat membantu menghilang stres dan membuat Anda tidur nyenyak.

5. Tubuh Anda sedang kurang fit

Infeksi virus atau bakteri mungkin juga dapat menyebabkan tubuh Anda terasa sangat mengantuk. Jadi, jika Anda merasa lelah di pagi hari setelah bangun tidur, mungkin itu pertanda Anda sedang sakit.

Tubuh Anda mungkin telah memberikan perlindungan terhadap virus. Mengonsumsi obat flu juga dapat menyebabkan kantuk, karena obat flu biasanya mengandung antihistamin, yang dapat membuat Anda merasa mengantuk. Jika Anda sedang flu, maka sebaiknya anda banyak istirahat dan hindari aktivitas berat.

6. Anda menderita gangguan tidur

Rasa pusing di pagi hari mungkin juga merupakan gejala dari masalah kesehatan mendasar yang lebih serius. Gangguan tidur termasuk sleep apnea, narkolepsi, insomnia, dan sindrom kaki gelisah dapat memengaruhi kualitas tidur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini