Selingkuh dengan Teman Kerja karena Sering Bertemu, Psikolog: Alasan Saja!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 612 2298320 selingkuh-dengan-teman-kerja-karena-sering-bertemu-psikolog-alasan-saja-uZlWpg5s1r.jpg Berselingkuh (Foto: Maxim)

Melihat kasus perselingkuhan di tempat kerja, beberapa pelaku mengaku alasannya adalah intensitas pertemuan yang sering dibandingkan pasangan sendiri. Tentu, hal ini membuat pro dan kontra tersendiri di masyarakat.

Mereka yang pro mungkin akan mengeluarkan argumen bahwa perselingkuhan itu memang benar dari hati karena pasangan di rumah jarang sekali ditemui dan membuat rasa cinta berkurang setiap harinya. Tapi, bagi yang kontra, alasan semacam itu hanya sekadar pembenaran saja dari menutupi ketidakpuasan diri sendiri akan cinta yang sudah diberikan pasangan di rumah.

 perempuan selingkuh

Lantas, bagaimana psikolog menilai fenomena perselingkuhan yang terjadi antar teman kerja seperti yang dilakukan Tora Sudiro dan Mieke Amalia?

Psikolog Klinis Meity Arianty menjelaskan, membahas kasus selingkuh selalu membuat orang kesal dan memiliki emosi negatif, padahal jika di telaah lebih dalam semua yang terjadi pada hidup kita tergantung bagaimana kita menyikapinya.

Menyoal pertanyaan bagaimana seseorang bisa selingkuh dengan teman kerjanya, menurut Mei, tak lain tak bukan karena ada niat. Jadi, sebetulnya bukan soal tempatnya, tapi karena memang pelakunya mau melakukan perselingkuhan.

"Mau di tempat kerja, mau di sekolah, sama tetangga, kalau Anda mau selingkuh, ya, akan terjadi. Artinya bukan tempatnya tapi lebih kepada diri Anda sendiri. Tempat hanya salah satu alasan bagi orang yang melakukan dengan alasan karena intensitas pertemuan sehingga sering bertemu, kerja bareng, saling membantu, lama kelamaan merasakan kedekatan emosional dan lain-lain," paparnya pada Okezone melalui pesan singkat, Jumat (23/10/2020).

Baca juga: Anak Diberi Nama Provider Internet, Keluarga Dapat Gratis WiFi 18 Tahun

Dia melanjutkan, alibi suka karena sering bertemu itu seperti pepatah 'trisno jalaran soko kulino' atau cinta bisa datang karena sering barengan itu memang enggak salah dan normal. Tapi, di sisi lain ketika Anda sudah memiliki pasangan, jika perasaan tersebut muncul, maka Anda harus mengevaluasi diri.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini