Bangga, Remaja Indonesia Raih Medali Emas di Dua Olimpiade Matematika Internasional

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2020 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 23 612 2298387 bangga-remaja-indonesia-raih-medali-emas-di-dua-olimpiade-matematika-internasional-Z6rTQH53iM.jpg Stanve Avrilium (Foto : Dokumentasi narasumber)

Situasi pandemi tak menyurutkan semangat anak bangsa untuk tetap berprestasi di kancang internasional. Ya, belum lama ini seorang siswa di IPEKA BSD berhasil menyabet piala kemenangan di dua olimpiade matematika internasional sekaligus.

Ya, Stanve Avrilium Widjaja meraih medali emas di International Mathematical Olympiad (IMO) 2020 dan di Tuymaada International Olympiad (Tuymaada) 2020. IMO 2020 diikuti oleh 616 orang peserta dari 105 negara, diantaranya yang menjadi kompetitor terberat yaitu China, Rusia, dan Amerika Serikat. Sedangkan Tuymaada 2020 diikuti oleh 151 peserta dari 7 negara di antaranya Rusia, Kazakhstan, dan Iran.

Luar biasanya lagi, Stanve diketahui baru pertama kali mengikuti ajang olimpiade ini dan langsung bisa membawa pulang medali emas. Menurut beberapa sumber, mereka yang biasanya menang adalahpeserta yang sudah pernah bertanding sebelumnya. Stanve membawa pulang Gold Medal di IMO 2020 dan Gold Medal dan Absolute Winner di Tuymaada.

Stave Avrilium

Rasa bangga dan bahagia pun diungkapkan Stanve. "Merupakan suatu kebanggaan tersendiri buat saya dapat mempersembahkan medali emas untuk Indonesia di ajang IMO 2020 dan Tuymaada 2020. Meraih medali di IMO merupakan impian setiap penggemar matematika di dunia," katanya dalam keterangan resmi yang diterima Okezone, belum lama ini.

Baca Juga : Kabar Baik, Ajak Anak Gowes Turunkan Risiko Obesitas saat Pandemi

Ia menambahkan, meraihan Perfect Scorer sekaligus Absolute Winner dan Gold Medal di Tuymaada juga merupakan kebanggaan. "Apalagi dapat bersaing dengan negara-negara kuat seperti China, Amerika dan Rusia pada IMO dan Tuymaada, pengalaman yang luar biasa dan tentunya membanggakan," tambah Stanve.

Di lain sisi, Kepala Sekolah SMA Kristen IPEKA BSD, Kristhianto Nathanael Kainama, mengungkap rasa syukur atas torehan prestasi membanggakan ini.

"Kami di Sekolah Kristen IPEKA BSD sangat bersyukur pada Tuhan. Tentunya kami merasa gembira dan bangga bahwa Stanve Avrilium Widjaja berhasil meraih prestasi yang luar biasa serta mengharumkan nama Indonesia di dua event internasional yang sangat bergengsi. Prestasi Stanve tentunya tidak lepas dari doa, bimbingan, dan dukungan banyak pihak," paparnya.

Kristhianto melanjutkan, Stanve telah membuktikan bahwa dengan semangat juang yang tinggi, kegigihan, kerja keras dan ketekunan pada bidang yang diminati akan mampu membuahkan hasil yang manis.

Sementara itu, Koordinator Lokasi Sekolah Kristen IPEKA BSD, Andriani Winoto, menyatakan komitmen sekolah dalam mendukung prestasi siswa. Ya, pihak sekolah memiliki komitmen untuk mendorong setiap murid mengembangkan diri sepenuhnya sesuai dengan bakat, talenta, minat, dan kemampuan yang dimiliki.

"Siswa diberikan kesempatan yang luas untuk mengeksplorasi minat dan kemampuan dengan ikut serta dalam berbagai ajang perlombaan, baik di bidang sains, bahasa, olahraga, dan bidang lainnyaā€¯, ujar Andriani.

Stave Avrilium

Lebih lanjut Andriani menyampaikan, apa yang sudah ditorehkan Stanve semoga dapat menginspirasi banyak siswa lain, baik di bidang akademis maupun di bidang apapun yang diminati.

"Sifat tidak mudah menyerah, gigih menekuni, dan mengembangkan diri di bidang yang diminati kiranya dapat diteladani. Serta semoga prestasi ini juga dapat menjadi bekal untuk semakin maju dan menjadi berkat bagi banyak orang," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini