5 Makanan Penuh Warna Khas Indonesia yang Menarik Dicoba

Ika Widi Oktavina, Jurnalis · Sabtu 24 Oktober 2020 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 298 2298885 makanan-penuh-warna-khas-indonesia-yang-menarik-dicoba-L9lI2X9WgH.jpg Cenil. (Foto: Wikipedia)

SEBAGAI negara yang beragam, Indonesia memiliki berbagai jenis kuliner, mulai makanan pokok, lauk-pauk, jajanan hingga minuman. Hidangan khas Nusantara pun memiliki ciri berbeda di setiap daerahnya. Tidak hanya jenisnya, cita rasa, bentuk, dan warnanya juga bermacam-macam.

Salah satu yang membuat menarik adalah warna pada makanan. Warna makanan bisa menggugah selera para penikmatnya. Tidak hanya makanan kekinian yang penuh warna, banyak makanan khas Indonesia yang berwarna-warni.

Baca juga: 5 Makanan untuk Menjaga Imunitas di Tengah Pandemi 

Berikut lima makanan khas Indonesia yang memiliki tampilan penuh warna, sebagaimana telah Okezone rangkum.

1. Cenil

Cenil adalah jajanan tradisional berbahan dasar singkong dan tepung ketan atau kanji yang masih eksis hingga saat ini. Makanan ini biasa dibentuk bulat-bulat, kotak bahkan lonjong. Bertekstur kenyal dan penuh warna, umumnya warna hijau, merah muda dan putih.

Memasaknya cukup mudah, cukup merebus adonan, campuran tepung, parutan singkong, garam dan air panas, saja sampai matang. Cenil disajikan dengan parutan kelapa dan ditaburi gula pasir atau disiram dengan gula merah cair.

Cenil. (Foto: Wikipedia)

2. Kalua jeruk

Camilan khas Ciwidey ini terbuat dari kulit jeruk bali yang dicampur dengan gula kawulang alias gula merah sehingga menjadi manisan. Rasanya tidak kalah dengan jenis manisan lainnya. Makanan ini memiliki rasa khas yang unik. Tekstur kalua jeruk ini keras diluar dan lembut di dalam, sedangkan rasanya manis.

Baca juga: Masakannya Dilepeh Chef Juna, 4 Peserta MasterChef Harus Masuk Pressure Test 

3. Geplak

Makanan khas Kabupaten Bantul, Yogyakarta, ini terbuat dari kelapa parut dan gula pasir atau gula jawa. Rasanya yang manis menjadikan makanan ini cocok sebagai camilan dan teman minum teh. Teksturnya keras namun akan lumer saat sudah di dalam mulut.

Biasanya dikemas dalam besek, kemasan tradisional yang terbuat dari anyaman bambu. Bentuknya yang unik dan rasanya yang khas membuat geplak sangat di gemari oleh masyarakat, sehingga sering dijadikan sebagai oleh-oleh para wisatawan.

Geplak. (Foto: Cookpad)

4. Getuk lindri

Satu lagi makanan tradisional yang berbahan utama singkong yakni getuk lindri. Ini adalah makanan ringan khas Pulau Jawa. Makanan tradisional ini masih sering kita jumpai di pasar-pasar tradisional bahkan penjual keliling di berbagai daerah.

Agar menarik, getuk lindri diberi warna yang cerah seperti hijau, kuning, merah muda, ungu, dan lainnya, namun tetap menggunakan pewarna alami. Para penjual keliling biasanya menjajakan gethuk dengan gerobak dan ciri khasnya menyetel musik khas Jawa dengan volume besar.

Getuk lindri. (Foto: Wikipedia)

Baca juga: Daripada Segitiga, Lebih Baik Potong Semangka Bentuk Kotak 

5. Ampyang kelapa

Tidak hanya ampyang kacang dengan gula merah saja. Ada juga ampyang yang terbuat dari gula putih, sehingga bisa diberi tambahan warna. Untuk memikat mata dan menarik pembeli, ampyang kelapa berwarna putih, merah muda, hijau, kuning, merah. Teksturnya renyah dengan rasa gurih dan sangat manis karena berbahan utama gula.

Ampyang kelapa sering disajikan sebagai kudapan bersama teh tawar maupun kopi pahit. Makanan ini sangat disukai oleh masyarakat. Meskipun manis, rasanya alami karena menggunakan gula dari tebu dan tidak membuat tenggorokan gatal.

Baca juga: Resep Bistik Bola Ayam, Makan Siang Lezat di Akhir Pekan 

Itulah daftar lima makanan warna-warni khas Indonesia. Jadi, dilihat dari warnanya makanan mana nih yang menarik buat kamu? Selamat mencoba.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini